Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 09 Jul 2019 - 19:24:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Setuju Pembebasan Pendukung Prabowo, Fahri Dorong Rekonsiliasi Total

tscom_news_photo_1562675055.jpg
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendorong terjadinya rekonsiliasi total dalam konstelasi politik nasional. Terkait hal itu, dia juga setuju dengan pembebasan sejumlah pendukung Prabowo-Sandiaga dari jerat hukum.

"Kalau saya mengusulkan rekonsiliasi total atau konflik berkepanjangan. Cuma dua itu. Rekonsiliasi total dalam perspektif ini Presiden harus berani melacak akar dari konflik dua calon kemarin yang sebenarnya sudah dimulai di DKI," kata Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Menurut dia, rekonsiliasi tidak cukup jika didasari konflik saat Pilpres 2019 saja. Dia menilai akar persoalannya sudah dimulai sejak Pilkada DKI Jakarta 2012, saat Jokowi bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencalonkan diri dan kemudian menang. Setelahnya, konflik juga terjadi kembali pada kasus penistaan agama yang menyeret eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sampai akhirnya berlanjut pada Pilpres 2019.

"Ini rekonsiliasi mau dilihat berapa luas. Rekonsiliasi itu pengertiannya adalah kita meletakkan kembali akar konflik kita seberapa luas dan seberapa jauh kita yang mumutuskan. Kalau akar konflik dianggap dari kasus Ahok dulu, iya sudah itu termasuk di dalamnya. Silakan saja itu semua ada konsekuensinya," ujar Fahri.

Fahri juga tak mempermasalahkan terkait syarat terwujudnya rekonsiliasi yang diajukan kubu Prabowo, yakni kepulangan Habib Rizieq Shihab ke tanah air. Dia juga tidak mempersoalkan persyaratan lain, yakni pembebasan para pendukung Prabowo-Sandiaga yang selama ini ditahan karena terjerat kasus hukum.(plt)

tag: #fahri-hamzah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...