Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 09 Jul 2019 - 20:28:31 WIB
Bagikan Berita ini :

32 Capim Tak Kantongi Sertifikat CPA, BPK Bisa Kehilangan Kepercayaan Publik

tscom_news_photo_1562678911.jpg
Kantor BPK RI (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemilihan calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah memasuki proses penyaringan oleh wakil rakyat di DPR. Dari 64 nama yang mendaftar, DPR telah memangkasnya menjadi 32 nama lalu diserahkan kepada Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sayangnya, dari 32 nama yang lolos, tak ada satu pun nama yang memiliki sertifikasi CPA (Certified Public Accountant).

Merespon hal itu, Ketua Umum Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Tarkosunaryo mengatakan, ketika Anggota BPK tak memiliki CPA maka nanti akan kehilangan pengakuan kompetensi dari para akuntan dan juga publik.

"Ketika tak ada satupun Anggota BPK tak memiliki CPA maka itu kehilangan besar, kehilangan kepercayaan, kehilangan legitimasi, termasuk kualitas pemeriksaan dari BPK," kata Tarkosunaryo di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Ia menjelaskan, sejak 2009 para Anggota BPK ada yang memiliki CPA diantaranya Sapto Amal Damandari yang menjabat sebagai Anggota V dan Moermahadi sebagai Ketua BPK.

"Namun dari 32 nama yang lolos ini, tak ada satupun yang CPA," katanya.

Dia pun menambahkan, dari 64 nama yang mendaftar sebagai Anggota BPK, hanya 4 nama yang dapat CPA. Namun, keempat nama tersebut tak ada satupun yang lolos. Diantara 4 nama tersebut yaitu Patri Achyarsyah, Deva Aulia Farhan, Sohibul Imam dan Tarkosunaryo. (Alf)

tag: #bpk  #dpr  #dpd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...