Ragam

5 Masakan yang Mudah Dipraktikkan Bersama Si Kecil

Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 13 Jul 2019 - 12:00:34 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1562994034.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Banyak hal yang bisa kamu lakukan bersama si kecil, salah satunya adalah memasak di dapur. Tidak perlu mengolah hidangan yang susah dan banyak macam, cukup praktikkan satu dari 5 jenis masakan di bawah ini.

Memanfaatkan waktu bersama si kecil kadang bisa jadi momok tersendiri. Salah sedikit, hal yang awalnya menyenangkan bisa berakhir dengan tangisan atau tantrum berkepanjangan. Agar sama-sama senang, kamu bisa mencoba masak di rumah bersama si kecil. Satu yang penting, kamu tidak perlu mengolah hidangan yang ribet. Kamu hanya perlu beli pulsa telkomsel yang memiliki banyak penawaran paket internet menarik, lalu mulai berburu resep praktis tapi lezat yang bisa dimasak bersama si kecil. Bingung mulai dari mana? Kamu bisa contek satu dari 5 makanan di bawah ini.

1. Pizza

Satu makanan yang pasti disukai si kecil adalah pizza. Membuatnya juga terbilang mudah sehingga kamu bisa mempersiapkan semuanya bersama si kecil. Cukup sediakan roti gandum, saus tomat siap pakai yang khusus digunakan untuk hidangan Italia, keju mozarella, dan berbagai topping favorit.

Untuk pizza asin, kamu bisa mempersiapkan topping berupa sosis non-MSG, daging dada ayam tanpa kulit yang sudah direbus, daging sapi asap, atau telur ayam yang diiris kecil. Beri juga sedikit sayuran yang warnanya mencolok seperti brokoli, kembang kol, paprika (merah, kuning, hijau), labu kuning yang diiris kecil, atau irisan tipis ubi ungu.

Jika si kecil lebih suka pizza manis, berilah topping berupa buah-buahan seperti irisan tipis apel, pir, kurma, stroberi, atau pisang yang semuanya cocok saat dipadukan dengan lelehan keju mozarella. Untuk menambah rasa manis, kamu bisa menambahkan cacahan dark chocolate sebelum pizza dipanggang. Sebagai variasi rasa, kamu juga bisa memberikan sedikit madu, sirup beras, atau maple syrup saat pizza akan disajikan.

2. Nasi liwet

Banyak hidangan lokal yang mudah dibuat bersama si kecil, salah satunya adalah nasi liwet. Agar terasa menyenangkan, kamu bisa mengajak si kecil dalam proses pembuatan nasi liwet dimulai dari menakar dan mencuci beras, hingga mempersiapkan bahan tambahan lainnya. Proses memasak ini juga bisa jadi pengetahuan baru lewat pengenalan berbagai rupa bumbu dapur khas Indonesia seperti daun salam dan sereh. Si kecil juga bisa mengetahui perbedaan mendasar gula dan garam, hingga melihat ikan teri yang belum dimasak.

3. One pan pasta

Saat si kecil sedang ogah makan, satu menu yang bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat hingga vitamin dan mineral adalah one pan pasta. Ini adalah hidangan pasta yang dimasak sekaligus bersama topping dalam satu wadah. Begitu matang, pasta bisa langsung disantap tanpa tambahan apapun. Pilih bentuk pasta yang lucu agar si kecil bersemangat ikut memasak. Kamu bisa ajak si kecil untuk mencuci dan memotong sayuran seperti tomat dan daun bayam atau mengiris tipis daging dada ayam dan jamur. Ajari juga cara menakar bumbu seperti bawang putih, lada, dan garam serta cara mencicipi masakan.

4. Pepes tahu

Satu hidangan lauk pendamping nasi yang mudah dibuat adalah pepes. Menggunakan bahan baku tahu, pepes ini cocok untuk dikonsumsi si kecil karena teksturnya yang lembut dan kaya bumbu. Kamu bisa minta si kecil untuk langsung melembutkan tahu yang akan dimasak dengan menggunakan tangan. Cara ini akan terasa menyenangkan untuk si kecil karena bisa memasak sambil bermain sekaligus belajar tekstur.

Saat pepes akan dibumbui, sisihkan porsi pepes tahu untuk si kecil dengan bumbu yang lebih ringan. Ajak ia untuk membungkus sendiri pepes yang akan dimakan. Begitu matang, mintalah si kecil untuk langsung menikmati hasil karya buatannya saat masih hangat.

5. Pancake sayur

Hidangan satu ini cocok untuk camilan karena dasarnya adalah gorengan. Pancake sayur atau jeon dalam bahasa Korea merupakan adonan serupa bakwan yang dimasak menggunakan sedikit minyak, serta dibentuk pipih serupa pancake. Untuk memasak bersama si kecil, ajaklah untuk memotong sayuran bersama.nJika kamu khawatir dengan benda tajam, mintalah si kecil untuk ikut mengaduk adonan, menakar tepung, atau memecahkan telur. Saat waktunya memasak, tidak ada salahnya mempercayakan si kecil untuk menuang atau membalik adonan.

Momen memasak dengan si kecil dapat dijadikan sebagai ajang perekat hubungan. Cara ini juga akan mengajarkan bahwa memasak adalah hal yang menyenangkan, bukan hal sulit. Tidak hanya itu, si kecil juga dipastikan akan menghabiskan makanan yang ia masak dengan hati gembira. (*)

tag: #  

Bagikan Berita ini :