Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 23 Jul 2019 - 11:35:52 WIB
Bagikan Berita ini :
Amien Rais Usul Bagi-bagi Kursi

PAN: Bertentangan dengan Sistem Presidensial

tscom_news_photo_1563856552.jpeg
Amien Rais (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Bara Hasibuantak setuju dengan usulan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN),Amien Raissoal pembagian porsi kekuasaan menjadi 55-45. Menurutnya, hal itu bertentangan dengan sistem presidensial.

Bara menegaskan bahwa dukungan PAN ke pemerintah Jokowi-Maruf Amin tanpa syarat. Soal kursi menteri, kata dia, itu hak preogratif presiden.

"Itu hak presiden jika misal pemerintahan lebih kuat jika partai-partai lain bergabung. Tapi kalau dianggap tidak butuh, itu juga haknya. Jadi kami sadar dengan kenyataan tersebut. Jadi kami tidak mengajukan conditions apa-apa. Ide power sharing 55-45 itu bertentangan dengan sistem presidensial," kata Bara di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/7/2019).

Ia juga menegaskan bahwa dukungan PAN ke Jokowi-Maruf sudah resmi. Hal ini sesuai apa yang diucapkan oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan bahwa PAN mendukung pemerintah tanpa syarat.

"Jadi kami ingin betul-betul ingin bergabung untuk membantu pemerintahan Jokowi, kami tulus membantu menjawab berbagai tantangan yang Indonesia hadapi sekarang serta melaksanakan janji kampanye," imbuhnya.

Bara juga menyampaikan bahwa keputusan partainya mendukung pemerintah hal yang wajar dan tidak ada ikatan politik pasca putusan MK soal sengketa Pilpres.

"Kemudian, koalisi BPN Prabowo-Sandi ini kan sudah dibubarkan. Jadi sekarang partai-partai menentukan arahnya sendiri, bukan kelompok," pungkas Bara. (ahm)

tag: #amien-rais  #partai-amanat-nasional  #menteri-jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement