Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Jumat, 26 Jul 2019 - 15:40:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Lama Lagi, PPDB Zonasi Berpayung Hukum Perpres

tscom_news_photo_1564130434.jpeg
Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy berharap agar peraturan presiden (Perpres) tentang zonasi segera terbit. Dalam Perpres itu, tidak hanya mengatur tentang zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), namun juga zonasi seluruh aspek berkaitan dengan pendidikan.

"Perpres mudah-mudahan beberapa hari lagi lah kita mohon dukungannya. Jadi nanti perpresnya, Perpres Zonasi Pendidikan. Segala semua urusan pendidikan akan ditangani berbasis zonasi, tidak hanya PPDB saja," ujar Muhadjir, di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Dengan adanya Perpres Zonasi Pendidikan, menurut Muhadjir, mampu memetakan segala permasalahan pendidikan secara efektif, seperti pemerataan kualitas guru

Ia menyebut pilar utama pemerataan pendidikan dimulai dari kualitas guru. Jika dulu seluruh guru kerap kali didatangkan ke Jakarta untuk mendapat pelatihan, dengan adanya Perpres Zonasi, para guru hanya mendapat pelatihan dari instruktur.

Beberapa instruktur akan diterjunkan ke beberapa daerah sesuai dengan kebutuhan.

"Ya ini nanti kita akan menangani guru berbasis zonasi. Jadi nanti tidak akan ada lagi guru yang kita undang ramai-ramai ke pusat pelatihan yang itu harus memakan biaya perjalanan yang mahal dan harus kasih makan yang berbulan-bulan, nanti kita serahkan zonasi. Jadi itu lebih baik instruktur yang turun ke lapangan," paparnya.

Setelah pelatihan instruktur kepada guru-guru berbasis zonasi, Muhadjir menuturkan, pemetaan masalah pendidikan pun secara sistematis dan efektif akan terlihat. Ia menyebutnya dengan skema jaring laba-laba.

"Kita gunakan sistem in and out jadi ketika abis dilatih langsung diterapkan di sekolah kemudian kita bisa tahu ada feed back apa, pelatihannya nendang enggak itu untuk menyelesaikan masalah di tempat itu. Jadi menggunakan skema jaring laba-laba," ujar Muhadjir. (plt)

tag: #pendidikan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ridwan Tidak Buru-buru Buka Sekolah dan Pesantren, Mungkin Januari 2020

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 02 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak buru-buru membuka sekolah dan pesantren di 15 wilayah zona biru. Berdasarkan wacana yang mengemuka, sekolah baru akan dibuka pada ...
Berita

Tak Edarkan Narkoba, Dwi Sasono Minta Rehabilitasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tidak ada indikasi aktor Dwi Sasono alias DS terlibat dalam jaringan pengedar narkoba. Demikian hasil penyidikan  Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan. ...