Jakarta

Masyarakat Diminta Waspadai Bamus Betawi Abal-abal

Oleh Jihan Nadia pada hari Senin, 29 Jul 2019 - 13:28:30 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1564381710.jpg

Haji Lulung (tengah) saat memberikan penghargaan dan tali asih bagi perwakilan kota administrasi dan lembaga yang berprestasi pada acara Lebaran Betawi yang diadakan 19-21 Juli 2019 lalu di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (28/7/2019) malam. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pra dan pasca acara Lebaran Betawi ke-12 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi, ternyata banyak oknum tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan ini untuk meraup keuntungan.

Munculnya oknum yang mengatasnamakan Bamus Betawi, sontak meresahkan berbagai pihak baik dari tingkat pemerintah, sampai masyarakat di Jakarta.

Padahal, Bamus Betawi asli adalah yang dipimpin Abraham Lunggana alias Haji Lulung sudah mengantongi legitimasi yang berasal dari Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor SK: AHU-0004530.AH.01.07 Tahun 2019 tentang pengesahan pendirian Badan Hukum perkumpulan Badan Musyawarah Bamus Betawi.

"Dalam penetapan disurat tersebut menetapkan Haji Lulung AL, sebagai Ketua Umum; Syarif Hidayatullah sebagai Sekretaris Jenderal; Djuli Zulkarnain sebagai Bendahara Umum; Nuri Thahir sebagai Ketua Majelis Adat; Bambang Sutjipto Syukur sebagai Sekretaris Majelis Adat," ujar Haji Lulung di Hotel Ibis Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (28/7/2019) malam.

Karenanya, Haji Lulung menegaskan, kini tidak ada lagi dualisme kepengurusan Bamus Betawi tingkat kota dan kabupaten di Provinsi DKI Jakarta, guna menghindari penyalahgunaan nama untuk kebutuhan yang bukan diperuntukkan buat Bamus Betawi yang asli.

Adapun bila masyarakat menerima laporan, dia meminta agar segera melapor kepada pihak Bamus Betawi agar dapat ditempuh jalur hukum.

"Kemudian apabila ada pihak yang masih menggunakan nama perkumpulan Bamus Betawi selain kepengurusan kami, kami mohon dukungannya kepada pemerintah pusat dan Forkompinda DKI Jakarta dan masyarakat untuk melapor kepada kami, agar kami bisa tindaklanjuti untuk mengambil langkah hukum," tegas Haji Lulung.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Haji Lulung juga memberikan penghargaan dan tali asih bagi perwakilan kota administrasi dan lembaga yang berprestasi pada saat Lebaran Betawi diadakan 19-21 Juli 2019 lalu di Monas. ?

"Malam ini saya sebagai Ketua Umum Bamus Betawi dan panitia lebaran betawi memberikan penghargaan kepada daerah administrasi kotamadya yang telah berpartisipasi di Lebaran Betawi serta penghargaan dedikasi dan loyalitas dan Istiqomah pada profesi sebagai inspirasi orang Betawi.

"Kami mengucapkan terima kasih dan dedikasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi di acara Lebaran Betawi," tutup Haji Lulung.

Berikut beberapa kategori penghargaan Lebaran Betawi selengkapnya:

- Rumah Adat Betawi

1. Juara 1 rumah adat jakarta Barat

2. Juara 2 rumah adat kabupaten kepulauan seribu

3. Juara 3 rumah adat jakarta pusat

- Silat Tradisional Betawi

1. Alm kong Haji Hasbulloh yang di wakilkan oleh putranya kong Oleh beksi Hasbulloh

2. Babe abdi manaf cingkrik

- Ulama Betawi

1. alm KH Syafi’i Hadzami

2. KH Syukur Yakub

- Bidang Pendidikan dan Seni Budaya

1. Prof Dr Bambang Saputra SH

2. Muhamim seniman betawi

tag: #bamus-betawi  #haji-lulung  #pemprov-dki  

Bagikan Berita ini :