Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 01 Agu 2019 - 16:55:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR: Usut Tuntas Insiden Kebakaran KM Sembilang di Karimun

tscom_news_photo_1564657135.jpg
KMP Sembilang yang terbakar di galangan kapal PT Karimun Marine Shipyared, Tanjungbalai Karimun, Rabu (31/7/2019) siang. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kapal Motor Sembilang yang terbakar di Pelabuhan Karimun, Kepulauan Riau,menyebabkan 3 orang tewas.

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusut tuntas insidenkapal tersebut.

"Mendorong Kemenhub berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh di semua bagian kapal yang terbakar agar diketahui penyebab pasti terjadinya kebakaran tersebut, mengingat kerugian yang ditimbulkan cukup besar," kata Bamsoet, sapaan Bambang, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (1/8/2019).

Bamsoet meminta Direktorat Perhubungan Laut (Dithubla) bersama Syahbandar, Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan Polisi Air (Polair), mengkaji dan mengevaluasi terutama soal mitigasi bencana di laut termasuk kebakaran. Dia juga mendorong proses hukum positif yang berlaku (sesuai dengan SOP) dan etika kesyahbandaran dan pelayaran.

"Mendorong Kemenhub melalui Dithubla meminta kepada pihak kontraktor dan pemilik kapal untuk menerapkan standar keselamatan kerja sesuai dengan UU Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, serta agar setiap pemilik kapal dan ABK untuk melakukan pengecekan dan perbaikan kapal secara berkala guna meminimalisir terjadinya kecelakaan," jelas Bamsoet.

"Mendorong Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meminta kepada pihak perusahaan kapal tersebut agar dapat bertanggungjawab dengan memberikan bantuan maupun santunan kepada para ABK yang menjadi korban kebakaran kapal tersebut," imbuh dia.

Kebakaran KM Sembilang terjadi pada Rabu (31/7) pukul 09.30 WIB saat sedang diperbaiki. Kapal dalam keadaan tidak mengangkut penumpang saat kebakaran terjadi. Api dipadamkan sekitar pukul 12.00 WIB.

Dalam peristiwa ini, polisi menyatakan 3 orang tewas dan 9 orang lagi mengalami luka-luka dan masih dalam perawatan di rumah sakit. (Alf)

tag: #bamsoet  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...