Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 19 Mei 2015 - 09:22:16 WIB
Bagikan Berita ini :

SBY Selama Berkuasa Disebut Ogah Bubarkan Petral, Demokrat Marah

66sby.jpg
SBY (Sumber foto : setkab)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Juru bicara Partai Demokrat Hinca Pandjaitan meminta Menteri Energi Sumber dan Mineral (ESDM) Sudirman Sahid untuk mengklarifikasi peryataannya yang mengatakan mafia migas selalu berhenti di meja SBY.

"Kita minta Menteri ESDM melakukan klarifikasi apa yang dimaksud, karena justru SBY ingin penyimpangan apapun diberantas. Bahkan SBY membentuk Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, yang hakikatnya memberantas kejahatan dan penyimpangan apapun," kata Hinca dalam pesan singkatnya, di Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Hinca memastikan tidak ada yang mengusulkan kepada SBY agar Petral dibubarkan. Kalau ada kata dia, pasti sudah ditanggapi secara serius.

Selama menjabat sebagai Presiden, SBY tertib dalam manajemen pemerintahan. Isu serius seperti mafia migas, pasti segera direspons. Tidak mungkin berhenti di meja SBY.

"Untuk memastikan tuduhan tak berdasar itu, SBY berbicara dengan mantan Wapres Boediono dan 5 mantan Menteri terkait, apakah memang pernah ada usulan pembubaran Petral," ungkapnya.

Hinca memastikan atas pertemuan itu semua menjawab tidak pernah ada, termasuk tidak pernah ada tiga surat yang dilayangkan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan waktu itu.

"Bahkan Dipo Alam, Mensekneg menyatajan bahwa selama menjabat Sekretaris Kabinet 2010-2014, tidak pernah terima surat dari siapapun ditujukan ke Presiden mengenai Petral dan kontroversinya," kata dia.

Ia melihat pemberitaan soal pemberhentikan Petral yang dianggap hanya berhenti di meja SBY dinilainya sebagai fitnah dan pencemaran nama baik. Oleh karenanya, Demokrat menunggu klarifikasi dari pihak-pihak yang menyebarkan tuduhan tak berdasar itu.

"Mungkin tidak mudah menghadapi yg tengah berkuasa sekarang ini. Tetapi, kebenaran adalah "power" yg masih dimiliki SBY. Selama jadi Presiden, SBY tidak pernah mengintervensi BUMN manapun. Termasuk urusan tender dan bisnisnya," pungkasnya. (iy)

tag: #sby  #pembubaran petral  #petral  #menteri esdm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...