Setahun 'Jomblo', Anies Berharap Pemilihan Wagub Tuntas di Periode DPRD Sekarang

Oleh Jihan Nadia pada hari Sabtu, 10 Agu 2019 - 22:50:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1565449827.jpg

Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Hari ini genap satu tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tanpa pendamping, alias "jomblo". Proses pemilihan Wagub DKI di DPRD sampai saat ini belum jelas.

Anies memimpin Jakarta seorang diri ketika pasangannya Sandiaga Uno maju di Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto. Sandiaga mundur karena ingin fokus pada proses pemilihan. 

Setelah kursi Wagub DKI kosong ditinggal Sandiaga, kini belum ada sosok yang menjadi penggantinya. Pembahasan yang cukup alot antara Partai Gerindra dan PKS sebagai pengusung Anies serta manuver sejumlah politikus Kebon Sirih mewarnai proses pemilihan Wagub DKI. 

Satu tahun berlalu, Anies berharap DPRD DKI menuntaskan pemilihan wagub sebelum masa jabatannya habis.

Menurut Anies, para anggota Dewan akan masuk catatan sejarah jika pemilihan wagub tidak tuntas dalam periode sekarang.

"Mudah-mudahan segera ada wakil kita berharap nanti Dewan kita di bulan terakhir masa pengabdiannya bisa menuntaskan itu," kata Anies di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2019).

Anies lantas bicara mengenai pentingnya posisi wagub dalam menyelesaikan pekerjaan di Ibu Kota. Menurut Anies, tugas-tugas akan lebih cepat dan mudah jika diselesaikan secara bersama-sama. 

"Karena saya ingin sekali sebenarnya tugas-tugasnya yang sekarang ada bisa dibagi, terutama pemerintah itu ada kegiatan dalam artian programnya, ada juga kegiatan representasi, dan ada juga kegiatan yang juga sifatnya seremonial itu sifatnya menyita waktu nah kalau kita bisa bagi itu lebih ideal jadi mudah-mudahan secepatnya," ujarnya.

Anies pun melempar candaan mengenai statusnya yang masih menjomblo. Menurut dia, seharusnya anniversary itu dirayakan bersama pasangan namun kini dirinya malah seorang diri.

"Saya baru ngeh 2 hari yang lalu loh waktu di acara Kadin teman-teman nanya, "Pak, 2 hari lagi anniversary jomblo." Biasanya anniversary itu ketika berpasangan, ini anniversary ketika jomblo," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi membantah menghambat pemilihan pendamping Anies. Menurut dia, pemilihan wagub yang terlalu lama tidak baik bagi proses pemerintahan. 

"Dirapatkan lagi nanti karena kesibukan kami juga pokoknya saya menunggu surat saya akan selesaikan. Saya nggak akan menghambat kok, Pak Anies perlu wakil gubernur kalau terlalu lama jalan sendiri jadi nggak baik pemerintahan," kata Prasetio seusai Kongres V PDIP di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Bali, Sabtu (10/8).

Kader yang dicalonkan PKS sebagai kandidat pengganti Sandiaga Uno adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Prasetio menyebut masih muncul polemik dari para anggota Dewan. 

"Kalau nama-nama masih yang lamanya Agung Yulianto dengan Syaikhu, tapi sekarang komunikasi dua partai ini harus lebih luweslah ke teman-teman karena ada juga beberapa fraksi di DPR menolak ini. Kan nggak enak, pemerintah daerah agak terganggu, misalnya dengan pemerintahan yang akan datang," terangnya.

Komentar juga datang dari eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Djarto mendoakan agar Anies segera mendapatkan wagub dan tidak terlalu lama "menjomblo".

"Ya doakan saja supaya cepat dapat wakil. Secara kan saya sampaikan saya doakan supaya tidak lama-lama menjomblo, supaya ada wakil," kata Djarot di Grand Inna Bali Beach Hotel, Sanur, Bali, Sabtu (10/9).

Djarot berharap DPRD DKI segera memproses soal wagub agar Anies tak lama-lama memimpin sendirian. Menurutnya, bekerja sendiri memimpin DKI adalah tugas yang berat. Djarot juga menceritakannya beratnya saat dia menjadi pemimpin tunggal DKI Jakarta.

"Karena DKI kan berat tugasnya. Sangat terasa (kesulitannya). Kalau boleh cek di teman-teman di Pemprov ya, saya itu bekerja itu sampai dengan pukul 02.00 WIB pagi. Tidur, subuh bangun pukul 05.00 WIB, pukul 05.30 WIB kerja lagi, lalu berangkat sampai pukul 19.30 WIB, pukul 19.30 kantor," jelas Djarot. (Alf)

tag: #anies-baswedan  #dprd-dki  

Bagikan Berita ini :