Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Minggu, 11 Agu 2019 - 17:09:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Haedar: Berpolitik Harus Junjung Sistem dan Etika

tscom_news_photo_1565518185.jpeg
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir menyatakan, berpolitik hendaknya menjunjung tinggi sistem dan etika. Dia juga mengingatkan para petinggi partai untuk mengartikan politik sebagai alat menjadikan Indonesia lebih baik.

Haedar menyatakan itu menanggapi
pernyataan politisi Partai Gerindra tentnag adanya penumpang gelap di barisan pendukung Prabowo saat Pilpres lalu.

Menurut dia, dalam politik pragmatis sudah menjadi hal biasa jika ada kepentingan yang saling tumpang dan menumpangi. Namun Haedar menekankan pada sistem dan etika politik yang harus dilakukan serta memberikan manfaat pada masyarakat.

"Monggolah berpolitik yang menjunjung tinggi sistem, itu yang paling penting. Sistem politik yang berlaku, kemudian sistem di masing-masing partai," kata dia.

Setelah berlandaskan sistem, kata Haedar, politik juga harus menjunjung tinggi etika dan harus produktif dalam melahirkan agregasi kepentingan untuk masyarakat dan memperjuangkan kepentingan masyarakat.

"Politik itu juga akan baik jika ada etika. Nah, etika politik dimana pun juga harus menjadi acuan bagi setiap elit," kata dia.

Intinya, lanjut Haedar, baik internal partai maupun sesama dan antar partai agar jangan sibuk mengurus politik praktis soal kekuasaan saja.

Dia meminta para pemimpin dan politisi untuk menjadikan politik sebagai alat yang baik untuk memajukan, menyejahterakan, dan menjadikan Indonesia menjadi lebih baik.

"Mari saatnya para tokoh elite dan partai politik itu sebagai kekuatan satu-satunya sistem politik yang resmi, memperjuangkan kepentingan rakyat di atas segala kepentingan," kata dia.(plt)

tag: #muhammadiyah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...