Enzo Ibarat Kertas Putih Yang Masih Bisa Dibentuk

Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 13 Agu 2019 - 21:39:24 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1565707164.jpg

Enzo Zenz Allie (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi Hukum dan HAM DPR RI, Nasir Djamil meminta Panglima TNI tidak terpengaruh dengan komentar negatif, baik di media sosial ataupun pendapat tokoh, terkait polemik taruna akademi militer Enzo Allie. 

Sebab, kata Nasir, Enzo dinyatakan telah memenuhi syarat untuk menjadi taruna. "Dia merupakan salah seorang taruna potensial," kata Nasir saat dihubungi, Selasa (13/8/2019).

Politisi PKS ini meminta semua pihak jangan melihat masa lalu Enzo yang belum tentu seperti yang diduga dan nilai atas perasangka-perasangka, dengan cara "menghakimi" Enzo tetapi ternyata tidak sesuai dengan ideologi pancasila. 

"Kalaupun nilai ideologinya 5,9, maka itu bisa ditingkatkan semasa menjalani sebagai taruna di akmil. Enzo masih muda tentu masih banyak waktu untuk membenahi cara dia berpikir tentang bangsa dan NKRI," kata dia.

Dirinya pun meminta para pejabat tinggi negara jangan menjadi paranoid dengan seorang Enzo. "Enzo ibarat kertas putih yang masih sangat mudah dibentuk untuk menjadi prajurit TNI," katanya.

"Kepada pejabat dan tokoh yang memberikan pernyataan negtif terhadap Enzo, sebaiknya harus banyak mematut diri, apa pantas mengeluarkan pernyataan seperti itu?" tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa berjanji memperbaiki rekrutmen taruna akademi militer ke depannya.

Hal ini buntut dari polemik calon taruna Akmil Enzo Zenz Allie, seorang keturunan Prancis yang berhasil diterima dalam tes akademi militer tetapi dicurigai berkaitan dengan organisasi terlarang berdasarkan postingan media sosialnya. 

"TNI AD meminta maaf atas kericuhan yang terjadi, tapi kami memang benar-benar tidak bermaksud dengan sengaja untuk berada dalam pusat kontroversi. Kami pasti akan perbaiki. Jangankan berikutnya, sekarang saja kami buka diri. Kami tidak ngotot," ujar Andika saat konferensi pers di Kantor Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019). (Alf)

tag: #pks  #tni  

Bagikan Berita ini :