Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Senin, 26 Agu 2019 - 08:32:23 WIB
Bagikan Berita ini :

UU Ketenagakerjaan Harus Berpihak Kepada Buruh

tscom_news_photo_1566783143.jpg
Ilustrasi aksi buruh (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera menilai, UU No 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan sejak diberlakukan sudah banyak keluhan, baik pihak serikat buruh maupun pengusaha. Seharusnya UU Ketenagakerjaan memihak kepada kepentingan buruh.

Jadi tidak heran, lanjut Mardani, buruh terus berjuang menolak wacana revisi UU No 13 tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan. Terlebih jika melihat kondisi ekonomi dunia maupun ekonomi nasional saat ini.

"Jika melihat data BPS per Februari 2019, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) ada dalam posisi 5,01%. Sebuah angka yg masih jauh dari harapan," kata Mardani di Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Lebih rinci lagi jika melihat data BPS per Mei 2019, penggangguran muda lulusan SMA sebanyak 6,78%. Tertinggi lulusan SMK di angka 8,63% serta lulusan diploma berkisar 6,89%," tambahnya.

Dari data-data di atas, terang Ketua DPP PKS ini, Indonesia sedang mengalami kondisi dimana pertumbuhan investasi yang cenderung padat modal, tidak mampu diimbangi oleh penyerapan angkatan kerja di dunia usaha.

Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang adil. Sekaligus dihadapkan dengan kondisi peningkatan kualitas pendidikan yang msh menjadi pekerjaan rumah di sektor tenaga kerja.

Namun yang membuat situasi menjadi polemik, wacana revisi UU Ketenagakerjaan yang beredar di masyarakat, lebih banyak membebani buruh.

"Contoh yang bisa diambil terkait dengan penerimaan pesangon maksimal hanya tujuh bulan. Dengan usulan tersebut, berapa lama pun rekan-rekan buruh bekerja, masa kerja yang diakui maksimal hanya tujuh bulan upah," ujarnya.

"Poin ini seakan menambah beban yang dipikul rekan-rekan buruh. Karena kerap ditemukan pelanggaran yang dilakukan pengusaha atas hak-hak yang seharusnya buruh dapatkan," tuturnya.(plt)

tag: #buruh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Wacana Pembentukan Presidential Club, Barikade 98 Sebut Hanya Gimmick PolitikĀ 

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 08 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pembentukan Presidential Club yang diusulkan Prabowo Subianto dianggap hanya sebagai gimmick politik. Bahkan menjadi bentuk ketidakpercayaan diri sang presiden terpilih ...
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...