Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 29 Agu 2019 - 15:38:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Tangani Papua, Mahfud MD Ingatkan Pemerintah Tak Gunakan Cara-cara Represif

tscom_news_photo_1567067927.jpg
Mahfud MD (Sumber foto : Ist)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengingatkan pemerintah agar tidak menggunakan cara-cara represaif dalam menangani konflik Papua.

Mahfud menyarankan, pemerintah sebaiknya mengedepankan pendekatan persuasif.

Menurut Mahfud, agar tidak terjadi konflik berkepanjangan, pendekatan represif haruslah dijauhkan. Karena, pendekatan represif dinilai hanya akan memicu konflik berkepanjangan.

"Pancagatranya sosbud, dan trigatranya yaitu tempat, rakyatnya dan posisi geografisnya, kan gitu. Oleh sebab itu yang saya sarankan kepada (konflik) Papua adalah harus dengan persuasif. Tidak usah represif," ujar Mahfud di UGM Yogyakarta, Rabu (28/8/2019).

Mahfud pun meminta pemerintah maupun aparat keamanan harus berhati-hati dalam menangani konflik di Papua.

Mahfud juga menghimbau, agar pemerintah dan aparat keamanan tak terpancing untuk mengeluarkan kata-kata bernada rasisme.

"Jangan sampai terpancing menimbulkan kemarahan baru kepada saudara-saudara kita di Papua. Terutama pernyataan-pernyataan yang sifatnya rasis, supaya dihindari betul. Gitu saja," pesan Mahfud. (Alf)

tag: #mahfudmd  #papua  #menteri-jokowi  #tnipolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tegas, JK Minta Rumah Ibadah Segera Dibuka

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 03 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla meminta tempat ibadah dibuka lebih dulu daripada perkantoran, pasar maupun pusat perbelanjaan. "Jadi kenapa masjid ...
Berita

Soal Keputusan Ibadah Haji, DPR Sayangkan Menag Tidak Koordinasi Terlebih Dahulu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily menyayangkan sikap Kementerian Agama RI yang tidak berkoordinasi terlebih dahulu dengan Komisi VIII DPR RI. Ace ...