Berita
Oleh ferdiansyah pada hari Minggu, 01 Sep 2019 - 17:32:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Ungkap Koneksi Asing dengan Pemain Lokal di Balik Rusuh Papua

tscom_news_photo_1567333957.jpeg
Kadiv Humas Polri, Irjen M. Iqbal (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Polri bersama lembaga terkait bekerja sama mengungkap koneksi pihak asing dengan kelompok lokal, yang memicu kerusuhan di Papua.

Kadiv Humas Polri, Irjen M. Iqbal menyatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri untuk mengetahui pihak-pihak yang menggerakan kerusuhan di Papua.

"Ada (dugaan keterlibatan pihak asing) tapi ini kan penanganannya harus komprehensif. Polri tentunya akan koordinasi dengan Kemlu, dengan lembaga dan kementerian," ucap Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Iqbal menambahkan, keterlibatan asing tersebut menggerakkan kelompok lokal untuk membuat kerusuhan di Papua.

"Sebenarnya kelompok-kelompok lokal yang diduga ada kaitannya dengan kerusuhan terkonek dengan beberapa pihak luar. Ini sedang kami petakan, pihak kami dari intelijen dan beberapa kementerian lembaga terkait sudah bekerja," ungkap Iqbal.

Kerusuhan di Papua beberapa hari belakangan ini lantaran masyarakat Papua terprovokasi dengan kelompok-kelompok yang memang sengaja membuat perpecahan.

"Intinya gak bisa juga kita sampaikan di sini. Ini diplomasi antar negara yang prioritas utama bapak Kapolri menyampaikan, kita jamin keamanan. Kerusuhan yang sudah ada, jangan terjadi lagi. Justru kita kategorikan terprovokasi kemarin," katanya.

Dari hasil pendalaman, Iqbal mengaku intelijen sudah mengetahui pihak yang menggerakkan kerusuhan dan masih di dalami.

"Nah ini pihak-pihak yang diduga menggerakkan sudah dipetakan dan sedang didalami. Kalau misalnya terbukti secara hukum, tentunya akan ditegakkan secara hukum," pungkasnya. (plt)

tag: #papua  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement