Merajut Nusantara 2019

Menjaga Keutuhan Bangsa Melalui Seni dan Budaya

Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 03 Sep 2019 - 10:19:21 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1567480761.jpeg

Tarian asal Papua di acara Merajut Nusantara 2019 (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Jajaran artis top Indonesia mengajak masyarakat untuk mebjaga keutuhan bangsa melalui pentas seni dan budaya bertajuk Merajut Nusantara 2019, di kawasan Monumen Nsional (Monas) Jakarta Pusat Senin malam (2/9/2019).

Maklum beberapa haru sebelumnya terjadi insiden bernuasnsa SARA di Malang dan Surabaya yang berbuntut kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Salah satu pengisi acara, Edo Kondologit menjelaskan acara Merajut Nusantara ini menginginkan bangkitnya rasa ke-Indonesiaan dari seluruh rakyat Indonesia. Intinya, kata dia, Indonesia itu beragam tapi tetap bersatu dalam bingkai NKRI.

“Acara kita menampilkan budaya Indonesia dari Barat sampai ke Timur,” kata Edo.

Selain itu, musisi asal Papua ini juga berharap agar kegiatan Merajut Nusantara dapat menyelesaikan segala permasalahan yang dengan baik karena melalui pendekatan seni dan budaya.

“Jangan anarkis, karena anarkis itu tidak akan menyelesaikan masalah. Budaya kita kan budaya musyawarah mufakat, artinya ada masalah kita omonginlah baik-baik. Dan inilah Indonesia beragam kita, itulah kekayaan kita sebagai bangsa Indonesia,” ujarnya.

Senada dengan Edo, Yosi Project Pop juga menyambut baik kegiatan Merajut Nusantara karena merupakan bagian kecintaan terhadap NKRI. 

“Mudahan-mudahan ini bisa merangkul, menyadarkan semua pihak bahwa kebersamaan lebih utama dari segalanya,” jelasnya.

Sekedar informasi acara yang juga menyuguhkan tarian dari berbagai daerah di Indonesia seperti Tari Kecak dari Bali, Fu Papua, Tari Enggrang dari Kalimantan, dan Tari Ratu Jari dari Aceh turut dihadiri Inul Daratista, Ria Ricis, Ade Mumu, Nirina, Ellen Aragay, Arie Kriting dan Ari Daging. (ahm)

tag: #  

Bagikan Berita ini :