Jakarta
Oleh Jihan Nadia pada hari Jumat, 13 Sep 2019 - 16:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

DPRD DKI Buka Opsi Langsung Tetapkan 3 Pimpinan Definitif

tscom_news_photo_1568363792.jpg
Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN ) —Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) DKI Jakarta sementata Syarif mengatakan, tiga nama pimpinan DPRD DKI Jakarta yang telah sampai ke meja Dewan. Ketiganya, dimungkinkan untuk dilantik dan disumpah jabatan lebih dulu.

Ketiga nama tersebut adalah Zita Anjani yang merupakan wakil ketua dari Fraksi PAN, Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi PKS, dan Mohamad Taufik dari Fraksi Gerindra. Ketiganya berposisi sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta.

Hal ini bisa saja dilakukan jika Fraksi PDI-P dan Fraksi Demokrat tak kunjung mengirimkan nama pimpinan yang akan mengisi paket pimpinan dewan periode 2019-2024.

"Tergantung dari kita sendiri. Kalau misalnya pengambilan sumpahnya belakangan, yang 3 itu disumpah lalu kan pimpinan bersifat kolektif kolegial," kata Syarif di lantai 3, gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Penetapan ini bisa dilakukan atau harus menunggu nama pimpinan hingga lengkap. Namun risikonya paripurna penetapan akan dilakukan dua kali.

"Tigadulu diambil sumpah. Atau, mau nunggu sampai genap 5 orang itu," ucapnya.

"(Yang sudah ada) PAN, PKS, Gerindra. Ya bisa (dilantik). Hanya kan pimpinan sementara masih ada. Terus sampai mencicil yang dua itu," lanjut Syarif.

Syarif pun mengaku, pihaknya akan segera menyuratiPDI-P dan Demokrat yang hingha kini belum juga memutuskan nama untuk pimpinan. DPRD DKI Jakarta akan menyurati Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P dan Demokrat dalam waktu dekat.

Pemberitahuan ini dilakukan agar penetapan pimpinan definitif DPRD DKI tak terus menerus molor.

"Pimpinan definitifnya belum klop dua partai tadi. Ya kita bersurat sekarang ini bersurat mungkin bisadikirim besok ke pimpinan wilayah," tutup Syarif. (Alf)

tag: #dprd-dki  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...