Jakarta

DPRD DKI Buka Opsi Langsung Tetapkan 3 Pimpinan Definitif

Oleh Jihan Nadia pada hari Jumat, 13 Sep 2019 - 16:15:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1568363792.jpg

Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN ) —Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) DKI Jakarta sementata Syarif mengatakan, tiga nama pimpinan DPRD DKI Jakarta yang telah sampai ke meja Dewan. Ketiganya, dimungkinkan untuk dilantik dan disumpah jabatan lebih dulu.

Ketiga nama tersebut adalah Zita Anjani yang merupakan wakil ketua dari Fraksi PAN, Abdurrahman Suhaimi dari Fraksi PKS, dan Mohamad Taufik dari Fraksi Gerindra. Ketiganya berposisi sebagai wakil ketua DPRD DKI Jakarta.

Hal ini bisa saja dilakukan jika Fraksi PDI-P dan Fraksi Demokrat tak kunjung mengirimkan nama pimpinan yang akan mengisi paket pimpinan dewan periode 2019-2024.

"Tergantung dari kita sendiri. Kalau misalnya pengambilan sumpahnya belakangan, yang 3 itu disumpah lalu kan pimpinan bersifat kolektif kolegial," kata Syarif di lantai 3, gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Penetapan ini bisa dilakukan atau harus menunggu nama pimpinan hingga lengkap. Namun risikonya paripurna penetapan akan dilakukan dua kali.

"Tiga dulu diambil sumpah. Atau, mau nunggu sampai genap 5 orang itu," ucapnya.

"(Yang sudah ada) PAN, PKS, Gerindra. Ya bisa (dilantik). Hanya kan pimpinan sementara masih ada. Terus sampai mencicil yang dua itu," lanjut Syarif.

Syarif pun mengaku, pihaknya akan segera menyurati PDI-P dan Demokrat yang hingha kini belum juga memutuskan nama untuk pimpinan. DPRD DKI Jakarta akan menyurati Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI-P dan Demokrat dalam waktu dekat.

Pemberitahuan ini dilakukan agar penetapan pimpinan definitif DPRD DKI tak terus menerus molor.

"Pimpinan definitifnya belum klop dua partai tadi. Ya kita bersurat sekarang ini bersurat mungkin bisa dikirim besok ke pimpinan wilayah," tutup Syarif. (Alf)

tag: #dprd-dki  #pemprov-dki  

Bagikan Berita ini :