Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 17 Sep 2019 - 00:45:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Deretan Polisi Pejabat: Mulai Urus Beras, PNS, hingga Korupsi

tscom_news_photo_1568654395.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ada beberapa lembaga negara yang dipimpin perwira polisi, baik yang masih aktif atau sudah pensiun dini. Yang paling terakhir adalah Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri.

Kamis (12/9/2019) pekan lalu, ia dipilih dan ditetapkan oleh Komisi III DPR RI sebagai Ketua KPK periode 2019-2023.

Sebelumnya, salah satu polisi yang punya jabatan penting di Indonesia adalah Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Wakil Kapolri periode 22 April 2015-9 September 2016 ini sekarang menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Selain itu, Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog) pun diisi polisi. Ia adalah Budi Waseso, menjabat sejak 27 April 2018. Karier tertingginya saat jadi polisi adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (periode 16 Januari 2015–7 September 2015). Sebelum di Bulog, Buwas, demikian dia biasa disapa, adalah Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Setelah ditinggal Buwas, BNN kembali dikepalai polisi. Namanya Irjen Heru Winarko. Heru Winarko, jenderal bintang tiga, adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Dia pernah menjabat staf Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan bidang ideologi dan konstitusi serta Deputi Penindakan KPK sejak 2015.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga dipimpin polisi, namanya Komjen Pol Suhardi Alius, yang menjabat sejak 2016 menggantikan Tito Karnavian yang dilantik menjadi Kapolri pada tahun yang sama. Sebelum di BNPT, Suhardi menjabat Sekretaris Utama Lemhanas dan Kabareskrim Polri.

Sejak berdiri pada 2010, Kepala BNPT memang selalu diisi perwira Polri.

Ada juga polisi yang jadi menteri. Ia adalah Komjen Pol (Purn) Syafruddin, sejak 15 Agustus tahun lalu menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Syafruddin adalah Wakil Kapolri periode 2016-2018.

Para perwira polisi lain yang sempat dan masih menduduki jabatan sipil pada masa pemerintah Joko Widodo di antaranya Inspektur Jenderal Polisi Iza Fadri (Dubes Indonesia untuk Myanmar), Irjen Amhar Azeth (Dubes Indonesia untuk Moldova), dan Irjen Ronny Franky Sompie (Dirjen Imigrasi Kemenkumham).

Lalu Komjen Setyo Wasisto (Irjen Kemenperin), Irjen Pudji Hartanto Iskandar (Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan), Irjen Sugeng Priyanto (Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja), dan Irjen Syahrul Mamma (Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan).

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan dari sejumlah nama tersebut, hanya Komjen Pol Suhardi Alius dan Komjen Pol Heru Winarko yang masih aktif. Yang lainnya sudah pensiun dan "tidak ada kaitan lagi dengan Polri".

"Apalagi jabatan setingkat menteri, itu jabatan politis dan merupakan hak prerogatif presiden," ujar Dedi seperti dikutipTirto, Minggu(15/9/2019) kemarin. (Alf)

tag: #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pilkada 2020, Golkar Akan Hadirkan Calon Kepala Daerah Yang Dicintai Masyarakat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 05 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Partai Golkar menargetkan 60 persen kemenangan dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 ini. Ketua DPP Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mengatakan, untuk mencapai tujuan ...
Berita

Ketua Pengurus Wilayah Sapma PP DKI Desak Dirut TVRI Mundur

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Shaquille Rekardianto selaku ketua Pengurus Wilayah SAPMA PP DKI meminta Direktur Utama TVRI, Iman Brotoseno mundur dari jabatannya. Hal tersebut ia ungkapkan untuk ...