Berita

Karhutla Bisa Dicegah, Kenapa Sekarang Bisa Terjadi?

Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 19 Sep 2019 - 12:59:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1568871984.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Marwan Dasopang mengungkapkan rasa prihatin atas karhutla yang kembali terjadi.

Ia menilai, karhutla bisa dicegah ketika perangkat-perangkat daerah disiapkan dengan melakukan mitigasi kebakaran hutan.

"Misalnya pada tahun lalu, ketika kita menggelar pesta olahraga se-Asia, kebakaran hutan bisa kita cegah. Saat kita berkunjung ke Palembang dan bertanya kenapa bisa mengindari kebakaran karena aspek pencegahan," kata Marwan di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

"Perangkat-perangkat daerah memang siap untuk itu. Ini bisa jadi pembunuh utama kalau asap ini tidak bisa kita tangani segera," jelasnya.

Lebih lanjut, legislator F-PKB ini mendorong Pemerintah melalui BNPB untuk terus membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai bentuk memberdayakan unit-unit daerah dalam penanganan karhutla. 

Meski belum memiliki payung hukum secara khusus, Marwan menilai BNPB juga bisa meminta kepolisian untuk menangkap pihak yang sudah mulai melakukan penebangan hutan dan pembukaan lahan.

"BPBD harus kita bantu, kalau perlu Pak Donny harus punya tangan di daerah yang bisa mencegah itu. Ketika sudah mulai ada penebangan dan pembukaan lahan, BNPB harusnya sudah bisa meminta polisi untuk menangkapnya," tuturnya.

"Karena kalau tidak segera ditangani, urusan kebakaran hutan ini bisa jadi area-area politik," imbuhnya. (Alf)

tag: #komisi-viii  #dpr  #bnpb  

Bagikan Berita ini :