Jakarta

Tahun Ini

Jakarta Bakal Punya 63 KM Jalur Khusus Sepeda

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Jumat, 20 Sep 2019 - 14:48:32 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1568965712.jpg

Jalur sepeda (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, terus menambah jalur sepeda untuk program Jakarta Ramah Bersepeda untuk mendorong masyarakat menggunakan sepeda untuk perjalanan dekat.

"Hari ini kami memulai untuk penambahan jalur sepeda dan diuji coba. Penambahan jalur ini untuk mendorong penggunaan sepeda saat menempuh jarak yang tidak terlalu jauh," kata Anies usai menguji penambahan jalur sepeda untuk fase pertama Rawamangun-Gambir, di Balai Kota, Jumat (20/9/2019).

Menurut Anies Jalur sepeda untuk kedua kawasan itu sekitar 10 kilometer yang dalam kondisi kepadatan lalu-lintas normal bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30-40 menit. Anies menyebutkan penambahan jalur sepeda ini akan dibagi dalam tiga fase, untuk 2019 ini dengan total panjang jalur 63 km.

"Tahun ini akan ada tiga fase pembangunan dengan penambahan jalur sepeda yang totalnya nanti mencapai 63 km," ujarnya.

Saat ini, pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membangun sejumlah jalur khusus sepeda sepanjang 26 kilometer. Sayangnya, seluruh jalur ini tak memiliki konektivitas sehingga masih menyulitkan para pengguna sepeda.

Pembangunan jalur sepeda baru tahap pertama berlokasi di sejumlah jalan raya yang melintang dari Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, ke Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Fase kedua akan berada di sejumlah jalan raya yang melintang dari Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, hingga Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, sedangkan fase ketiga bertempat di sejumlah jalan besar yang membentang dari kawasan Tomang, Jakarta Barat, hingga Jatinegara, Jakarta Timur. (ahm)

tag: #dki-jakarta  #anies-baswedan  

Bagikan Berita ini :