Berita

Karhutla Mendekati Pemukiman, Warga Pilih Mengungsi

Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 20 Sep 2019 - 15:45:00 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1568967259.jpg

Ilustrasi Karhutla (Sumber foto : Ist)

PONTIANAK (TEROPONGSENAYAN) --Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) nyaris menghanguskan kompleks perumahan Nuansa Serdam Residence di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat (20/9/2019).

Warga setempat, Chairil Anwar menceritakan, api pertama kali muncul dan dapat terlihat dari perumahan Kamis (19/9/2019) sekitar pukul 15.00 WIB.

Dia tidak tahu api itu berasal dari mana. Namun, karena angin cukup kencang, api terlihat semakin membara dan mendekati perumahan.

"Melihat api yang semakin mendekat, warga memilih mengungsi. Karena selain api, kabut asap juga semakin pekat," kata Chairil seperti dikutio kompas.

Humam, warga lainnya menambahkan, api dari hutan itu sangat cepat merambat ke kawasan perumahan. Bahkan, jaraknya sudah sekitar 10 meter.

"Rumah saya persis dekat dengan api. Saat ini, saya mengungsi. Kasihan istri saya, dia sedang hamil," terang dia.

Sementara itu, warga dibantu personel TNI melakukan upaya pemadaman api dengan alat seadanya.

Menggunakan dahan, menyiram air menggunakan ember dan membuat sekat agar api tidak cepat merembet.

Mengingat, hingga Kamis sore belum ada satu pun armada pemadam kebakaran yang tiba di lokasi.

Serda Andi Siswanto, anggota Posko 10 Satgas Karhutla Terpadu mengatakan, pihaknya bersama lima personel TNI lainnya baru mendapatkan laporan dari warga sekitar pukul 16.00 WIB.

Setelah menerima laporan tersebut, pihaknya langsung mengecek ke lokasi dan ternyata benar, api sudah mendekati perumahan warga.

“Saat ini, yang bisa kami lakukan adalah membuat sekat untuk menghalau laju api agar tidak cepat merembet ke pemukiman. Karena pemadam belum tiba ke lokasi,” kata dia. (Alf)

tag: #karhutla  #tnipolri  

Bagikan Berita ini :