Oleh Aswan pada hari Rabu, 27 Okt 2021 - 19:26:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Pengujian UU No 23 Tahun 2019, Hendardi Sebut Sesuai Konstitusi TNI-Polri Adalah Komponen Utama Pertahanan dan Keamanan Negara

tscom_news_photo_1635337603.jpg
Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Dr Hendardi, (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Dr Hendardi, mengatakan, sesuai Konstitusi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) adalah Komponen Utama Pertahanan dan Keamanan Negara.

Hal itu dikemukakan Hendardi, Rabu petang, 27 Oktober 2021, menanggapi pengujian Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019, tentang: Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara di Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK-RI).

“Ini telah telah menunjukkan kekeliruan proses legislasi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,” kata Hendardi.

Salah satu norma pada Pasal 20 ayat (1) Undang-Undangang Nomor 23 Tahun 2019, tentang: Pengelolaan Sumberdaya Nasional disebutkan bahwa sumber daya nasional yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan Komponen Utama adalah Komponen Pendukung, dengan bunyi pasalnya, “Yang terdiri dari anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, warga terlatih, tenaga ahli dan warga lain unsur warga negara.”

Meletakkan Polri sebagai komponen pendukung bertentangan dengan bunyi Pasal 30 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 yang secara jelas dan tegas menyebutkan bahwa TNI dan Polri merupakan kekuatan dalam pertahanan dan keamanan negara.

"Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.” lanjutnya.

Menurut Hendardi, tidak ada penafsiran lain dari bunyi pasal di atas kecuali bahwa dalam kerangka usaha pertahanan dan keamanan negara maka TNI dan Polri adalah kekuatan utama.

Dikatakan Hendardi, penjabaran peran lanjutan pada pasal berikutnya terkait peran TNI sebagai alat pertahanan dan Polri yang menjalankan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan penegakan hukum, sama sekali tidak menegasikan norma umum dan mandat konstitusional yang ada pada Pasal 30 ayat (2) di atas.

SETARA Institute meyakini bahwa Mahkamah Konstitusi akan jernih menguji konstitusionalitas norma dalam UU PSDN dengan mengacu pada mandat konstitusional TNI dan Polri.

“Bukan hanya soal ini, Mahkamah Konstitusi juga didorong untuk mengevaluasi norma-norma lain yang berpotensi memangkas hak konstitusional warga.” tegasnya.

“Alih-alih fokus pada penguatan aparatur sipil negara sebagai komponen cadangan, UU PSDN dan peraturan turunannya mempercepat rekrutmen, melatih dan melantik warga sipil menjadi komponen cadangan dengan segala privelege dan potensi abusif penggunaannya pada tahun-tahun politik,” tutupnya.

tag: #tnipolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...