Mantan Anggota DPRD Banten Angkat Bicara Terkait Penyertaan Modal Pemkot Tangsel Ke Bank BJB

Oleh Fitriani pada hari Rabu, 09 Okt 2019 - 10:48:40 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1570592920.jpg

(Sumber foto : Fitriani)

TANGSEL (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten Suryadi Nian, angkat bicara terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tentang penyertaan modal kepada perseroan terbatas Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB).

Kepada sejumlah awak media, Suryadi mempertanyakan rasa kedaerahan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, perihal penyertaan modal dari kepada Bank BJB.

“Makanya saya sangat menyayangkan kalau Tangsel melakukan penyertaan modal dalam ke BJB, jadi rasa kedaerahannya mana?. Saya bicara sebagai masyarakat ya, sebagai masyarakat Banten. Jadi sekarang merasa kedaerahan, orang-orang lagi membangun semangat kedaerahan, ini duitnya malah di buang ke daerah luar. Ada apa sih sebenarnya? ngincer giro? pusing nanti sananya,” ujarnya, di kawasan Kecamatan Pamulang, pada Senin (7/10/2019).

Mengetahui bahwa penyertaan modal tersebut direalisasikan kedalam bentuk lembaran saham, Suryadi pun kaget dan menanggapi dengan tegas.

“Itu Raperda yang menyesatkan, kalau sampai dia beli saham, yang boleh membeli saham itu perorangan, bukan lembaga pemerintah. Pemerintah itu mengikut, menanamkan sahamnya, tapi baku memang, bisa nambah besok bisa, dia tidak ada urusan dengan per lembar saham,” tegasnya.

“Bahaya bos, kalau dia beli per lembar saham mah. Pemerintah Daerah naruh saham 20 miliar terserah, lu mau turun mau naik juga, maka yang turun itu adalah pembagian defiden, karena keuntungannya kecil, dapetnya kecil, kalau saat saham jeblok lu jual 10 kan ancur, rugi APBD tidak boleh bos, sama juga pemerintah daerah beli palas,” imbuh Suryadi.

Hingga saat ini, Pemkot Tangsel belum menjelaskan lebih rinci, bahkan Warman selaku Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) memilih tidak menjawab ketika ditanya awak media perihal terkait.

Sementara, pihak kantor cabang Bank BJB Kota Tangsel pun tidak berani memberikan banyak komentar, mereka beralasan hal tersebut merupakan kewenangan kantor pusat.

Seperti dikutip dari laman radarnonstop.co, Pemkot Tangsel akan mengalokasikan anggaran dalam bentuk penyertaan modal sebesar 9,99 miliar kepada perseroan terbatas Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB).

Seperti diungkapkan oleh Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Tangsel Warman, bahwa rencana penyertaan modal ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu, namun baru tahun 2018 rencana tersebut kembali disusun, dan ditahun ini naskah akademik Raperda nya tengah digodok di bagian hukum Sekertariat Daerah Pemkot Tangsel.

“Penyertaan pada Bank BJB ini bukan penawaran kita, tetapi diberikan tanpa pemesanan, dan itu penyertaan modal itu, kan istilanya untuk keterikatan kita yang selama ini. Pemkot Tangsel bersama-sama pemda yang lain menjadi peserta penyertaan modal di BJB,“ katanya, saat ditemui diruangannya, di kantor BPKAD, di Pusat Penerintahan Kota Tangsel Gedung I lantai 6, Jalan Maruga Raya, Ciputat, Jum’at (6/9/2019).

Sementara Manager oprasional Bank BJB kantor cabang Kota Tangsel Angga Permana mengungkapkan, bahwa rencana penyertaan modal itu merupakan ekpansi bisnis dari Bank BJB.

“Karena kita untuk ekspansk bisnis, selain kita menggrab dari dana yang pihak ketiga kita juga sebagai perseroan terbatas dimungkinkan untuk menshare sahamnya ke publik. Dari situ harapannya ada setoran dana ke kita, dalam hal ini, kita menawarkan ke pemerintah daerah, itu nanti akan digunakan sebagai penguatan modal sendiri bagi BJB,” terangnya, diakntor Bank BJB Cabang Tangsel, Jalan Letnan Seotopo BSD City, Serpong, Rabu (11/9/2019).

Dia juga menjelaskan, bahwa bentuk pemyertaan modal itu direalisasikan dalam bentuk sekitar 5 juta 2 ribu lembar saham, dimana harga perlembar sahammnya ialah 1900 rupiah, dengan jumlah total alokasi anggaran sekitar 10 miliar.

tag: #  

Bagikan Berita ini :