PDIP Minta Jokowi Tak Buru-buru Umumkan Jajaran Kabinet

Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 18 Okt 2019 - 14:30:18 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1571383818.jpg

Jokowi dan Prabowo (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PDI Perjuangan mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak tergesa-gesa mengumumkan kabinet periode 2019-2024. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Jokowi memiliki waktu setidaknya 14 hari setelah pelantikan untuk mengumumkan susunan kabinetnya.

Hal ini merujuk pada UU No 39/2008 tentang Pembentukan Kementerian. Karena itu, menurut Hasto, Jokowi memiliki cukup waktu untuk mengumumkan di saat yang tepat.

"Presiden Jokowi yang paling tahu kapan momentumnya. Presiden punya waktu yang cukup tapi kita tahu karakter Pak Jokowi yang mau kerja cepat. Kalau mengikuti informasi beliau paling lambat Rabu," kata Hasto kepada wartawan, Jumat (18/10/2019).

Selain itu, Hasto juga meminta Jokowi mengecek terlebih dahulu rekam jejak para calon menteri tang dikantongi dengan saksama. 

Sebagai partai pengusung utama, menurut Hasto, PDI-P ingin menteri Jokowi setia bertugas menemani sang presiden selama lima tahun ke depan.

"Harus dilakukan pengecekan rekam jejak, kepemimpinan, integritas, dan kemampuan bekerja sama dengan presiden karena mereka pembantu presiden," paparnya.

Hasto mengatakan tidak boleh ada menteri yang di tengah jalan tiba-tiba deklarasi  maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Ia mengingatkan bahwa menteri memiliki tugas strategis.

"Tak boleh ada menteri setelah dilantik tiba-tiba kibarkan bendera mau jadi presiden 2024. Semua harus setia dalam lima tahun ke depan," tegasnya.

Sementara itu, terkait menteri dari PDIP, Hasto menyatakan mereka mendapatkan jatah kursi terbanyak. Namun, dia tak menyebutkan secara pasti berapa jumlah kursi yang didapatkan.

"Semua kementerian penting dan strategis tapi yang jelas PDIP paling banyak," katanya. (Alf)

tag: #jokowi  #pdip  

Bagikan Berita ini :