Oleh mandra pradipta pada hari Senin, 21 Okt 2019 - 12:21:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Rieke Sebut BRN Cara Menuju Negara Industri Maju

tscom_news_photo_1571635275.jpg
Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyampaikan, di era pemerintahan saat ini Indonesia harus menjadi negara industri yang maju.

Salah satu cara ntuk mewujudkan itu adalah dengan merealisasikan secara serius pembentukan Badan Riset Nasional (BRN).

Menurutnya dengan adanya BRN program-program strategis pemerintah bisa terukur dengan jelas dan yang terpenting manfaatnya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Riset harus ditingkatkan, kita mendukung untuk segera dibentuk Badan Riset Nasional, sehingga program-program yang disampaikan bisa terukur, hasilnya jelas, dan yang terpenting harus sampai pada rakyat. Kalau tidak ada riset yang jelas, berisiko tidak sampai pada rakyat," kata Rieke di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Rieke menjelaskan, jika Indonesia sungguh-sungguh ingin menjadi negara industri yang maju, maka riset ilmu pengetahuan dan teknologi harus diberikan perhatian yang besar.

Dengan peningkatan riset ilmu pengetahuan dan teknologi maka ini juga akan medukung pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal seperti yang direncanakan pemerintah.

"Indonesia harus menjadi negara industri maju, untuk itu ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mungkin ditinggalkan. SDM tanpa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak mungkin terjadi, di negara manapun," papar politisi Fraksi PDI Perjuangan itu.

Ia menilai perlunya pembentukan BRN agar Indonesia tidak tertinggal dalam era disrupsi teknologi saat ini. Selain itu, pembentukan badan tersebut untuk mendukung peningkatan kualitas SDM.

Pemerintah telah merencanakan bahwa fokus rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 adalah investasi pembangunan SDM besar-besaran termasuk bagaimana merumuskan penyaluran lapangan kerja bagi SDM yang terampil.

Rieke menyarankan agar Indonesia fokus pada industri sandang pangan papan, industri bahan baku energi, industri farmasi, industri pariwisata, dan juga manufaktur.

"Kita punya bahan bakunya kita punya pasarnya, kalau ini jadi prioritas dari industri, dengan melibatkan bagaimana sistem peningkatan SDM dan juga pendidikan yang baik, InsyaAllah bisa maju. Tapi kalau itu ditinggalkan saya kira kita akan tertatih-tatih dan sulit," paparnya.

Sebagai awal jalan terbentuknya BRN, DPR melalui Rapat Paripurna pada Juli 2019 telah mengesahkan Undang-Undang (UU) Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Sisnas Iptek). Lahirnya UU Sisnas Iptek dilatarbelakangi kesulitan besar dalam mengoordinasikan berbagai lembaga maupun kerja riset. Hal itu relatif menjadi hambatan bagi pembangunan bangsa berbasis iptek serta riset.

Di sisi lain, anggaran yang dikeluarkan untuk riset di tiap kementerian atau lembaga cukup besar, namun tak terlihat hasilnya. Persoalan itu terjadi karena anggarannya dibagi-bagi ke hampir semua kementerian. Sehingga, akan lebih efisien jika anggaran riset dipegang satu kementerian atau badan agar bisa fokus untuk mendanai suatu program. (plt)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...