Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 21 Okt 2019 - 20:11:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Rocky Gerung: Bergabungnya Prabowo ke Istana Hanya Menyatukan Elite

tscom_news_photo_1571663473.jpg
Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo merapat ke Istana, Senin (21/10/2019) sore. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Analis politik Rocky Gerungmenanggapi langkah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang memutuskan menerima permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi menteri di kabinet 2019-2024. Rocky Gerung tak yakin masyarakat dari dua kubu bisa langsung bersatu.

Rocky Gerung awalnya mengatakan keputusan Prabowo bergabung ke Istana memang sudah terprediksi sehingga menurutnya tidak menarik lagi untuk dianalisis.

"Seluruh yang ada di media massa hari ini, apapun beritanya tentang Istana, itu hanya menarik sebagai berita, bukan lagi menimbulkan sensasi untuk dianalisis. Prabowo masuk Istana, itu berita karena dari awal memang dikondisikan begitu kan, apa gunanya dianalisis? Kalau Prabowo memutuskan untuk tidak, nah itu baru jadi analisis. Kan begitu," kata Rocky Gerung saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

"Jadi misalnya kalau Prabowo bilang, "Oke demi bangsa maka kami memutuskan untuk konsisten berada di luar kabinet", itu baru bisa dianalisis kenapa berubah pikiran, kan itu. Atau NasDem, "Ternyata sesuai dengan dugaan kami seluruh partai masuk ke kabinet sehingga tidak ada lagi di parlemen beroposisi. Menurut kami NasDem bersama-sama dengan PKS untuk beroposisi", nah itu baru bisa dianalisis," ucap Rocky Gerung.

Menurut mantan dosen filsafat UI itu, ada kesalahan berpikir belakangan ini. Keliru berpikir ini menurutnya soal anggapan persatuan.

"Jadi yang terjadi hari ini adalah koalisi seolah-olah ingin Indonesia bersatu maka semuanya masuk Istana. Indonesia itu bersatu kalau ada yang mengawasi Istana, bukan sama-sama masuk Istana. Itu ngaconya cara berpikir itu," kata dia.

Rocky Gerung menyebut keputusan Prabowo bergabung ke Istana hanya menyatukan elite-elite. Perpecahan di akar rumput, kata dia, tetap akan ada karena menurutnya masyarakat ingin ada kontrol terhadap pemerintah, bukan ramai-ramai gabung ke penguasa.

"Yang bersatu siapa? Ya elitenya yang bersatu. Bangsanya selesai nggak pecah belahnya? Ya makin terjadi. Karena apa? Bangsa berharap ada yang di luar kan, rakyat berharap ada yang di luar. Ternyata semua masuk ke dalam maka bangsa ini justru tidak akan bersatu, justru akan makin terpecah karena tidak ada yang mengucapkan kepentingan alternatif dari rakyat. Kan itu yang terjadi," ulas Rocky Gerung.

Bagi Rocky Gerung, salah jika persatuan sudah dianggap erat kembali ketika Prabowo memutuskan bergabung ke pemerintahan Jokowi.Menurutnya, ada rakyat yang tetap berharap Prabowo menjadi oposisi.

"Ini salah kalau dianggap setelah Prabowo masuk ke Istana maka persatuan sudah erat kembali. Ya justru makin jauh karena rakyat tidak menghendaki masuk Istana. Biasa aja, kan rakyat menghendaki Prabowo di luar, itu justru normal supaya terjadi keseimbangan antara yang berkuasa dan tidak berkuasa," ucap Rocky Gerung.

"Jadi kekacauan itu yang mesti dianalisis oleh pers, bukan sekadar memberitakan, "Oh berarti akan terjadi persahabatan baru". Ya persahabatan antara menteri kabinet, tapi rakyat tetap tidak bersahabat," tutur dia. (Alf)

tag: #prabowo-subianto  #jokowi  #rocky-gerung  #menteri-jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...