Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 25 Okt 2019 - 19:46:48 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR-DPD Bentuk Badan untuk Bantu Pemerintah Tuntaskan Persoalan Papua

tscom_news_photo_1572007608.jpg
Badan Komunikasi Anggota DPR-DPD dari Papua dan Papua Barat resmi dideklarasikan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (25/10/2019) di Parlemen, Gedung Nusantara III Senayan. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Persoalan di Papua hingga saat ini belum juga terselesaikan. Langkah pemerintah dalam menyelesaikan konflik Papua pun dinilai jalan di tempat, alias gagal.

Para anggota DPR/DPD RI yang berasal dari Papua dan Papua Barat pun berinisiatif membentuk sebuah wadah bernama "Badan Komunikasi Anggota DPR/DPD Papua-Papua Barat" untuk menjadi jembatan bagi pemerintah pusat dan daerah menyelesaikan persoalan Papua yang berlarut-larut.

Badan Komunikasi Anggota DPR dan DPD dari Papua dan Papua Barat resmi dideklarasikan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (25/10/2019) di Parlemen, Gedung Nusantara III Senayan.

Ketua Komite II DPD RI, Yorrys Raweyai yang dinobatkan sebagai Ketua Badan Komunikasi itu, mengaku mendapat persetujuan dari 21 orang yang terdiri dari anggota DPR/DPD daerah pemilihan (dapil( Papua - Papua Barat, dengan rincian delapan anggota DPD dapil Papua dan Papua Barat dan delapan anggota DPR dapil Papua. Kemudian tiga anggota DPR dapil Papua Barat.

Badan ini dipimpin oleh Ketua Yorrys Raweyai, anggota DPD dapil Papua Barat, Wakil Ketua Komarudin Watubun (anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan dapil Papua) dan Jimmy Demianus Jie (anggota DPR Fraksi PDIP dapil Papua Barat), Sekretaris Jenderal Filep Wamapma, senator Papua Barat.

"Dari 21 anggota DPD dan DPR dari Papua dan Papua Barat semuanya menyatakan siap dan setuju. Badan ini dinamakan Badan Komunikasi Anggota DPR dan DPD dari Papua dan Papua Barat,” kata Yorrys di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Dalam kesempatan ini, hadir anggota DPR Fraksi Partai Golkar dapil Papua Barat Robert Joppy Kardinal, anggota DPR Fraksi Partai Nasdem dapil Papua Barat Rico Sia.

Kemudian, anggota DPR Fraksi Partai Golkar dapil Papua Trifena Tinal, anggota DPR Fraksi Partai Gerindra dapil Papua Robert Rouw, anggota DPR Fraksi Partai Nasdem dapil Papua Ina Elisabeth Kobak, anggota DPR Fraksi Partai Nasdem dapil Papua Sulaiman Hamzah, serta Yorrys, Komarudin, dan Filep.

Yorrys menjelaskan, sebagai wadah resmi, Badan Komunikasi Anggota DPR dan DPD dari Papua dan Papua Barat berperan melakukan inventarisir berbagai persoalan yang terjadi pada dua provinsi paling timur Indonesia itu.

“Kami akan bersama-sama menyelesaikan berbagai persoalan di Papua dan Papua Barat. Kami akan melakukan inventarisir dan investigasi persoalan di Papua dan Papua Barat,” kata mantan anggota DPR dari Partai Golkar itu.

Yorrys mengatakan, Badan Komunikasi Anggota DPR dan DPD dari Papua dan Papua Barat akan segera bersilaturahmi dengan pimpinan MPR, DPR dan DPD. Selain itu, juga akan meminta waktu untuk bertemu pemerintah, termasuk menteri luar negeri.

Sementara itu, Komarudin mengatakan, badan ini didirikan untuk menangani masalah di Papua dan Papua Barat, atas dasar dua prinsip bernegara yakni prikemanusiaan dan prikeadilan.

“Itulah yang menjadi dasar, sehingga tidak ada alasan apa pun dari pihak mana pun untuk menolaknya,” ungkap Komarudin.

Dia mengingatkan tujuan bernegara itu ada lima. Yakni, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Selama ini, kata Komarudin, penyelesaian persoalan yang terjadi di Papua masih jauh dari tujuan bernegara ini.

“Bagi kami, kami akan menginventarisir persoalan. Kami membantu niat baik dari hati Presiden (Jokowi) sehingga tercatat dalam tinta emas negara, dalam penyelesaian persoalan Papua,” kata Komarudin.

Lebih lanjut, Komarudin menyatakan bahwa sebenarnya lembaga seperti ini sudah sejak periode sebelumnya sudah ada, tetapi sekarang atau 2019-2024 lebih kompak karena melihat kondisi yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

“Papua itu kelihatan tenang, tetapi tidak aman. Penyelesaiannya belum menyentuh persoalan mendasar. Ibarat api, hanya menghalau asap tetapi api tetap berkobar,” ungkap Komarudin.

Sama seperti Yorrys dan Komarudin, anggota DPD RI Filep Wamafma yang juga berasal dari Papua meminta kepada pemerintah Presiden Jokowi yang baru agar fokus menyelesaikan persoalan di daerahnya.

"Fokus utama dalam wadah ini, apa yang belum disentuh dan diselesaikan pemerintah. Karena persoalan Papua memiliki histori (sejarah) panjang. tapi belum bisa menemukan satu konsep dan bisa berakhir pada pembangunan, baik manusia atau lainnya," ucap Filep.

Filep menjadi wakil rakyat saat ini, mengaku memiliki beban untuk bisa berkontribusi menyelesaikan persoalan Papua.

"Bagaiman kontribusi kita, agar keadilan sosial itu nyata terwujud. Jika adanya persoalan papua soal politik atau keamanan, kita pastinya akan terbuka," tandas Filep. (Alf)

tag: #dpd  #papua  #dpr  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement