Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 30 Okt 2019 - 12:41:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kritik Pemekaran Wilayah Papua, DPR: Kaltim Harus Diprioritaskan

tscom_news_photo_1572414060.jpeg
Pemekaran wilayah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Rencana pemekaran wilayah Papua mendapat kritik dari Anggota DPR Fraksi Demokrat H Irwan lantaranmasyarakat Kaltim yang secara usulan sudah sejak lama mengusulan pemekaran wilayah.

Meski begitu, Irwan tetap mengapresiasi dibukanya kembali pembahasan pemekaran oleh pemerintah lewat Menkopolhukam Mahfud MD.

“Kebijakan ini sangat tepat setelah moratorium sejak 2014, namun pembahasan yang dikhususkan pada Papua saja dapat menimbulkan rasa ketidak adilan bagi provinsi serta kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia,” tegas Irwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/10/2019).

Menurut Irwan, di Kaltim sendiri ada beberapa usulan daerah otonomi baru (DOB) yang mangkrak sampai saat ini di antaranya DOB Kutai Utara, Berau Pesisir, Kutai Pesisir, Paser Selatan dan Samarinda Seberang dan Sangkulirang.

“Daerah otonomi baru ini nantinya tentu dapat menguatkan keberadaan Ibu Kota Negara yang baru di Kalimantan Timur,” jelas Irwan.

Kemudian ihwal rencana pemekaran Papua yang akan mencabut moratorium pemekaran oleh Pemerintah, Irwan menegaskan prinsipnya moratorium pemekaran bisa dicabut menyeluruh untuk seluruh daerah karena Undang-undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, pemekaran atau penggabungan wilayah masuk daftar kumulatif yang bisa sewaktu-waktu dimunculkan lagi.

“Harusnya Pemerintah pusat dalam mengelola tuntutan atau aspirasi masyarakat dan daerah sudah seharusnya mengedepankan prinsip secara selaras dan adil demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tandasnya. (ahm)

tag: #papua  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...