Oleh Jihan Nadia pada hari Jumat, 01 Nov 2019 - 13:11:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Tito Ke Kapolri Baru: Jadi Kapolri Tidak Gampang

tscom_news_photo_1572588717.jpg
Mendagri Tito dan Kapolri Idham Azia di Istana Negara Jakarta, Jumat (01/11/2019). (Sumber foto : TeropongSenayan/jihan.dok)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavianmengucapkan selamat atas dilantiknya Jenderal. Pol. Drs. Idham Aziz, M.Si sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan resmi menyandang pangkat bintang empat atau Jenderal Polisi. Hal itu disampaikannya di Istana Negara Jakarta, Jumat (01/11/2019).

“Selamat atas pelantikannya Bapak Idham Aziz sebagai Kapolri. Banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh Pak Idham jadi Kapolri tidak gampang, karena internal saja harus mengurusi sekitar 460 ribu orang, eksternal ada 34 Polda, 500 lebih Polres, hampir 5 ribu Polsek yang tersebar di semua wilayah, kemudian pelaksanaan tugas pokok Kamtibnas sambil juga pelayanan kepada publik ya,” kata Mendagri.

Menurutnya, sebagai penegak hukum di negara yang multikultural, seperti Indonesia tidaklah mudah. Pasalnya, banyak pekerjaan dan permasalahan yang ideologis, bahkan politis apalagi mendekati Pilkada Tahun 2020 yang akan diikuti 270 daerah di Indonesia.

“Penegakan hukum itu tidak gampang di negara yang sangat pluralistik dan demokrasi yang cenderung bebas, jadi permasalahan ideologis dan permasalahan politis. Pilkada tahun depan di 270 daerah itu akan banyak sekali, kemudian permasalahan kejahatan-kejahatan konvensional, perampokan, begal, kekayaan negara ilegal loging, ilegal fishing, masalah lingkungan, kompleks sekali, saya merasakan 3 tahun 3 bulan (sebagai Kapollri), terasa cukup berat,” ungkapnya.

Untuk itu, terpilihnya Jenderal Pol. Drs. Idham Aziz, M.Si sebagai Kapolri, kerjasama dan sinergi dengan Kemendagri sebagai poros pemerintahan dalam negeri diharapkan mampu terlaksana dengan baik, terlebih untuk menjaga ketertiban, keamanan, dan stabilitas di daerah.

“Karena kan saya sebagai pembina untuk kepala daerah, ya jadi nanti disitu kan kita mengenal adanya Forkopimda, dimana kepala daerah adalah pimpinannya, kita harapkan nanti ada kekompakkan di tiap-tiap daerah, misalnya Gubernur, Kapolda, Pangdam, Kajati, Perguruan Tinggi, dan lainnya. Sebagai pembina kepala daerah saya selaku Mendagri tentunya akan mendorong kepala daerah untuk membangun sinergi yang bagus dengan Kepolisian, dengan TNI, Kajati, dengan unsur Perguruan Tinggi, Ketua DPRD, kalau kompak sebetulnya Forkompimda itu daerah itu akan aman-aman saja,” jelasnya.

Idham Azis resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kapolri di Istana Negara Jakarta, Jumat (01/11/2019). Idham pun mendapat kenaikan pangkat dari Komjen menjadi Jenderal Polisi. Idham Aziz menggantikan Jenderal Pol. (Purn.) Prof. H.M. Tito Karnavian, Ph.D sebagai Kapolri setelah dilantik sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju 2019 - 2024. (Alf)

tag: #mendagri  #kapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Banner HUT RI Ke-75 TeropongSenayan.com
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Irma Suryani Chaniago
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 SOKSI
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Arsul Sani
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Syaifullah Tamliha
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Kenaikan Kasus Positif COVID-19 di Jakarta Masih Tinggi

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 15 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Total jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta menembus angka 29.036 kasus pada Sabtu (15/8) atau terjadi penambahan sebanyak 598 kasus,  naik signifikan dibanding hari ...
Berita

Kantor Pusat Imigrasi Tutup 12-21 Agustus 2020, Bagaimana Pelayanannya?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktorat Jenderal Imigrasi memastikan pelayanan visa onshore bagi warga negara asing (WNA) yang tinggal di Indonesia tetap berjalan meski kantor yang beralamat di Jalan HR ...