Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 18 Nov 2019 - 15:10:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Rencana Prabowo Kirim Taruna ke Malaysia Ditentang DPR

tscom_news_photo_1574064620.jpeg
Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PKS Abdul Kharis Almasyari (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PKS Abdul Kharis Almasyari menentang rencana Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengirim Taruna Indonesia belajar militer ke Malaysia. Menurutnya, tidak semua negara lain memiliki metode pendidikan yang lebih baik.

"Belum tentu (lebih baik), tergantung negara mana. Jangan mandang luar negeri pasti lebih baik dong," kata Kharis di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Politikus PKS ini mengaku belum mengetahui maksud dan tujuan Ketua Umum Gerindra itu mengirimkan para taruna itu luar negeri. Prabowo sendiri belum pernah menyampaikan rencananya itu saat rapat bersama DPR beberapa waktu lalu.

"Kalau Sesko segala macam sudah biasa. Kalau selama masa taruna mungkin apakah satu tahun atau setengah tahun tukar taruna mungkin saja. Tetapi kalau selama jadi taruna sekolahnya di luar enggak mungkin," kata dia.

Kharis menjelaskan, pendidikan taruna di dalam negeri selalu ada penanaman jiwa patriotisme dan nasionalisme. Sebaliknya, dia khawatir nasionalisme para taruna akan luntur jika terlalu lama mengenyam pendidikan di luar negeri.

"Makanya saya bilang, kalau tukar pelajar sebulan, dua bulan oke, tetapi kalau selama masa jadi taruna ya enggak mungkin, karena fungsi pendidikan taruna kan untuk menggembleng semangat korsa dan patriotisme nasionalisme," kata dia.

Komisi I DPR, kata Kharis, bakal mengkaji secara komprehensif rencana Prabowo mengirim taruna ke Malaysia. Sejauh ini, Komisi I baru mendengar pernyataan dari Prabowo secara tidak langsung. (plt)

tag: #prabowo-subianto  #komisi-i  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement