Jaga Gereja Lagi Saat Natal, Ansor Dipuji PGLI

Oleh Ahmad Syaikh pada hari Kamis, 12 Des 2019 - 18:13:02 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1576149182.jpg

Gereja Katedral (Sumber foto : Istimewa)

Advertisement

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Ketua Bidang Pemuda Persekutuan Gereja-gereja dan Lembaga-lembaga Injili Indonesia (PGLII) DKI Jakarta, Tigor Mulo Horas Sinaga, mengapresiasi rencana GP Ansor yang akan menjaga keamanan gereja saat ibadah Natal.

 “Kami mengapresiasi NU, secara khusus Pimpinan Pusat dan seluruh anggota Gerakan Pemuda Ansor yang setiap tahun menerjunkan barisan terbaiknya dalam pengamanan Natal di gereja-gereja,” katanya di Jakarta, Kamis (12/12/2019).

PGLI dikatakan Tigor melihat hal tersebut sebagai bentuk kepedulian GP Ansor untuk menjaga kerukunan antarumat beragama.

“Banser tak hanya memperhatikan umat satu agama saja, tapi semua agama. Itu sangat mulia. Semua warga negara harus diayomi dan dijaga agar tercipta rasa aman dan nyaman dalam beribadah,” ujarnya.

Tigor yang juga Direktur Eksekutif Generasi Optimis Research Consulting (GORC) mengaku terkesan oleh Ansor dan Banser yang tidak tinggal diam ketika keberagaman Indonesia diganggu oleh sekelompok oknum tak bertanggung jawab.

"Jika ada gangguan, maka itu adalah indikasi ancaman terhadap Indonesia dan keberagaman di Indonesia," jelasnya.

Senada dengan Tigor, Dewan Pembina Generasi Optimis (GO) Indonesia, Mangasi Sihombing mengatakan, Banser yang menjaga gereja pada saat ibadah Natal menciptakan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang sedang menjalankan ibadah Hari Raya agamanya.

"Keamanan bukan hanya menjadi kewajiban negara dan pemerintah, tetapi juga butuh partisipasi dari seluruh komponen masyarakat. Banser sudah menjadi salah satu komponen tersebut," kata dia.

Banser dikatakan Mangasi telah menjadi bagian dalam menjaga toleransi beragama, seperti menjaga kebebasan beribadah di hari Natal bagi umat Kristiani atau umat agama lain. Hal sama juga dilakukan dalam pengamanan hari besar Islam, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 saya kira Banser dalam posisi membantu para aparat, baik Polri maupun TNI. Bantuan mereka sesuai dengan standar operasional prosedur," tandasnya. (ahm)

tag: #  

Bagikan Berita ini :