Oleh pamudji pada hari Sabtu, 21 Des 2019 - 20:17:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Oposisi Hilang, Tanda Demokrasi Indonesia Sedang Bermasalah

tscom_news_photo_1576934248.jpeg
Ketua Dewan Pengurus LP3ES Profesor Didik J Rachbini (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sistem demokrasi di Indonesia saat ini sedang bermasalah. Hal itu ditandai dengan hilangnya oposisi dan dilemahkannya kekuatan masyarakat sipil.

Ketua Dewan Pengurus LP3ES Profesor Didik J Rachbini mengatakan, suara masyarakat sipil saat ini sangat lemah karena adanya kekuatan yang berupaya menekan. Hal itu terlihat ketika aspirasi publik di dunia maya diserang dan ditimpuk oleh pasukan siber. Selain itu, pemberangusan suara masyarakat sipil juga terjadi di dunia nyata.

"Orang berdemonstrasi ditangkap," kata Prof Didik dalam seminar "Outlook Demokrasi LP3ES: Menyelamatkan Demokrasi Indonesia" di Gedung ITS Tower, Jakarta Selatan, Sabtu (21/12/2019).

Melemahnya suara masyarakat sipil itu, lanjut Didik, semakin diperparah dengan hilangnya oposisi dalam sistem politik Indonesia pasca-pemilu 2019. Akibatnya, pemerintah berjalan tanpa kontrol.

"Meskipun oposisi dalam Pilpres, tapi akhirnya masuk juga ke koalisi pemerintah. Tanpa oposisi maka tak ada check and balance sehingga demokrasi menjadi cacat," ujar Didik.

Lebih lanjut, Didik menyebut suara DPR hari ini tidaklah mewakilkan aspirasi publik, melainkan suara yang seirama dengan kepentingan pemerintah. Apalagi dengan semakin menguatnya posisi seroang Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden.

"Ini siklus 20 tahunan," kata Didik.

Dalam kata pengantar Outlook Demokrasi LP3ES, Didik juga menjelaskan siklus ini. Setelah menikmati keterbukaan dan kebebasan usai runtuhya sistem Orde Baru, kini 20 tahun berselang terjadi pembalikan.

Siklus itu, kata dia, juga tampak ketika ide Nusantara bersatu mulai muncul pada 1908 lalu diikuti oleh Sumpah Pemuda tahun 1928. Lalu pada 1945 Indonesia Merdeka. 20 tahun berselang terjadi konflik sosial yang ditandai dengan Gerakan 30 September.

Kini, lanjut Didik, siklus itu kembali datang setelah 20 tahun reformasi. "Sistem demokrasi formal ini (sekarang) mengalami masalah," katanya.(plt)

tag: #oposisi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 01 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...
Berita

Nurhayati Effendi Berharap Hubungan Buruh dengan Pengusaha Makin Harmonis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi berharap hubungan harmonis antara pekerja dengan pengusaha dapat terwujud pada momen peringatan Hari Buruh Nasional atau May Day ...