Oleh Sahlan_ake pada hari Minggu, 26 Jan 2020 - 09:39:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Menhub: Landasan Pacu 3 Bandara Soekarno Hatta Sangat Membantu Pergerakan Pesawat

tscom_news_photo_1580006348.jpg
Landasan Pacu 3 Bandara Soekarno Hatta (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENGSENAYAN) --Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dijadwalkan akan meninjau pengoperasian landas pacu atau runway 3 dan east cross taxiway di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/1/2020) sore.

“Menhub akan melihat langsung pergerakan pesawat baik pada saat lepas landas dan mendarat di landas pacu 3 dan east cross taxiway di Bandara Soekarno Hatta untuk memastikan fungsi dari fasilitas tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan, di Jakarta, Minggu (26/1/2020).

Hengki menyampaikan kehadirannya sangat penting untuk peningkatan layanan Bandara-Soekarno-Hatta yang terus bertumbuh baik dari segi jumlah pergerakan pesawat maupun penumpang.

“Berdasarkan laporan dari PT. Angkasa Pura II, sejak dioperasikannya runway 3 dan east cross taxiway pada akhir tahun lalu, pergerakan pesawat pada momen Angkutan Natal dan Tahun Baru terbukti meningkat dari 80 pergerakan perjam menjadi 100 pergerakan per jam,” jelas Hengki.

Landas pacu 3 Bandara Soekarno Hatta yang baru saja diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (23/1), telah beroperasi sejak akhir 2019 yaitu pada saat momen Angkutan Natal dan Tahun Baru.

Keberadaan landas pacu 3 berukuran panjang 3.000 m dan lebar 60 m ini, diyakini akan sangat bermanfaat untuk memperlancar pergerakan pesawat baik pada saat lepas landas (take off) maupun mendarat (landing).

Beberapa manfaat dari beroperasinya fasilitas landas pacu 3 dan east cross taxiway yaitu dari aspek keselamatan, akan meningkatkan keselamatan penerbangan melalui pemisahan landas pacu untuk lepas landas dan mendarat.

Dari sisi pelayanan, efektif untuk mengurangi antrian pesawat dari sebelumnya 6-9 pesawat menjadi rata-rata 3 pesawat dan mempercepat perjalanan pesawat dari tempat parkir pesawat atau apron menuju ke lepas landas.

Kemudian dari sisi kapasitas, dengan berkurangnya antrian dan semakin mempercepat pergerakan pesawat, otomatis dapat meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat dan penumpang. (Al)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement