Oleh Rihad pada hari Kamis, 27 Feb 2020 - 07:55:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Ditolak Buruh, DPR Usul RUU Cipta Kerja Dibahas Ulang Saja

tscom_news_photo_1582764923.jpg
Demo buruh (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi IX DPR Nihayatul Wafiroh mencermati reaksi masyarakat atas RUU Cipta Kerja, khususnya dari kalangan buruh. Dia mengusulkan sebaiknya pemerintah membahas ulang dengan melibatkan semua pihak terkait. "Mundur selangkah untuk kebaikan," katanya pada Simposium Perubahan Undang-Undang Ketenagakerjaan Menuju Pekerjaan Layak di Jakarta, Rabu (26/2).

Ia mengatakan hingga saat ini belum ada kepastian RUU Cipta Kerja akan dibahas di baleg atau pansus. "Pendapat saya pribadi, kemungkinan akan dibahas di pansus karena akan melibatkan sedikitnya tujuh komisi," katanya.

Asisten Deputi Ketenagakerjaan Kemenko Bidang Perekonomian Yulius mengatakan terdapat 11 klaster dalam RUU Cipta Kerja, hanya satu yang menyangkut ketenagakerjaan.

Permasalahannya, mengapa muncul penolakan sementara upah tidak turun, pesangon memang agak berkurang, tetapi diperkuat dengan penambahan program Jaminan Kehilangan Kerja, pelatihan, fleksibilitas waktu kerja, dan lainnya.

Seperti diketahui, sejumlah serikat buruh menolak RUU tersebut. Buruh akan kembali melakukan aksi penolakan terhadap omnibus law RUU Cipta Kerja. Aksi ini disebut akan dilakukan bersamaan dengan rapat paripurna DPR.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan aksi besar-besaran bersama gabungan serikat buruh," ujar Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (26/2).

tag: #omnisbulaw  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...