Oleh Elnino M. Husein Mohi Fraksi Gerindra pada hari Jumat, 20 Mar 2020 - 08:52:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Corona dan Ekonomi Indonesia

tscom_news_photo_1584669146.jpg
Elnino M Husein (Sumber foto : Istimewa)

Sebetulnya ada dua masalah pokok yang saling berkelindan kesehatan WNI dan jalannya kegiatan ekonomi. Dua hal ini yang membuat Indonesia dalam dilema.

Masalah kesehatan adalah pada kesiapan sarana-prasarana dan SDM kita dalam menangani kemungkinan lonjakan jumlah pasien covid19.

Kehidupan ekonomi akan sangat terganggu akibat kepanikan pasar/ masyarakat yang berakar dari opini publik yang terbentuk melalui berbagai perangkat media informasi.

Ini ribet. Seperti sebuah lingkaran yang tidak putus. Makin banyak yang terkena covid19, maka opini di media informasi makin bikin panik, maka masyarakat panik, maka terjadi kegiatan ekonomi yang tidak wajar (misalnya; tidak bekerja, menarik cash sebanyak mungkin, menimbun stok sembako, dll...dll), dan seterusnya, maka ekonomi akan timpang yang akibatnya adalah masyarakat yang panik itu akan bertambah kacau secara psikologis.

Karena stress, maka semakin banyak yang terkena berbagai macam penyakit, dan akhirnya muter lagi. Opini publik makin bikin panik, dan seterusnya. Semakin hari akan semakin berat. Itu berbahaya bagi kehidupan bangsa.

Di sisi lain, investor baik dalam dan luar negeri juga manusia yang diterpa oleh opini yang berkembang, sehingga menimbulkan sentimen-sentimen negatif. Semakin hari sentimen itu semakin negatif, dan akhirnya menyebabkan larinya capital dari Indonesia ke luar negeri.

Tanpa adanya corona effects pun, negara kita sudah terbebani cukup berat karena adanya perlambatan ekonomi akhir-akhir ini yang diprediksikan memburuk sampai 2021.

Sudah begitu pun, saya masih percaya Presiden RI dan jajarannya dapat mematahkan lingkaran masalah di atas dengan baik dan tepat. Saya juga meyakini, DPR RI akan sepenuhnya mendukung langkah-langkah pemerintah untuk menangani masalah kesehatan dan Ekonomi yang saling berkelindan ini.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #partai-gerindra  #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Opini

Hakim Konstitusi dan Neraka Jahannam

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dari semua tokoh-tokoh yang berpidato di aksi ribuan massa kemarin di depan MK (Mahkamah Konstitusi), menarik untuk mengamati pidato Professor Rochmat Wahab (lihat: Edy ...
Opini

Kode Sri Mulyani dan Risma saat Sidang MK

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sri Mulyani (dan tiga menteri lainnya) dimintai keterangan oleh Mahkamah Konstitusi pada 5 April yang lalu. Keterangan yang disampaikan Sri Mulyani banyak yang tidak ...