Berita
Oleh Ilyas pada hari Selasa, 26 Mei 2015 - 20:13:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolri: Tenang, Masalah Beras Berbahan Plastik tak Terbukti

61badrodin-indra.jpg
Badrodin Haiti (Sumber foto : Indra/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kapolri Jenderal Badrodin Haiti meminta masyarakat tenang dan tidak resah menghadapi isu tersebarnya beras plastik.Sebab berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Laboratorium Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM), Laboratorium Kementerian Perdagangan, dan Laboratorium Kementerian Pertanian hasilnya negatif, tidak ditemukan adanya beras yang bercampur plastik.

“Hasil pemeriksaan laboratotium forensik kemudian Laboratorium Badan POM, laboratorium di kementerian Perdagangan dan kementerian Pertanian itu negatif, tidak ada unsur plastik dari hasil pemeriksaan laboratorium itu,” kata Badrodin kepada wartawan di kantor Presiden, Jakarta, Selasa (26/5) sore.

Kapolri juga menegaskan bahwa karenamasih belum yakin kemungkinan-kemungkinan salah pengambilan sample, ia bersama Menteri Perdagangan Rahmat Gobel telah meminta sample yang masih tersisa di Sucofindo yang sebelumnya menghasilkan data positif adanya beras dicampur plastik untuk diperiksakan lagi ke laboratorium BPOM ke Laboratorium Forensik Polri.

“Hasilnya juga negatif,” tegas Kapolri.

Oleh karenanya,Polri bersama-sama Badan Intelijen Negara (BIN) dan Kepala Badan POM dan instansi-instansi pemerintah terkait, menurut Kapolri Jendral Badrodin Haiti berkesimpulan, bahwa beras yang diduga plastik itu ternyata tidak ada.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak resah. Silakan misalnya kalau ada yang dicurigai silakan memberikan informasi kepada aparat pemerintah setempat atau kepada petugas kepolisian di tempat masing-masing untuk bisa dilakukan pengecekan,” pinta Kapolri.

Senada dengan Kapolri, Kepala Badan POM Dr.Ir. Roy Alexander Sparringa, M.App.Sc menyampaikan, bahwa hasil uji yang dilakukan pihaknya, termasuk sample dari Sucofindo menunjukkan negatif.

“Jadi jelas kami ingin sampaikan di sini masyarakat diimbau tenang. Kami Badan POM telah menginstruksikan jajaran Badan POM yang di daerah melalui Balai Besar Balai POM seluruh Indonesia untuk bekerja sama dengan lintas sektor, dinas-dinas terkait, Deperindag untuk mengawal kasus ini dan siap untuk menguji jika diduga ada, sejauh ini tidak pernah ada, dilaporkan,” jelas Roy.(iy)

tag: #kapolri  #beras palsu  #beras plastik  #beras  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

DPR Sebut RUU Penyiaran Tak Berangus Kebebasan Pers

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 14 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi merespons kritik terhadap draf Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Menurutnya, tidak ada unsur ...
Berita

Formappi Desak DPR Segera Selesaikan 45 RUU di Akhir Masa Jabatan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus mendesak DPR segera merampungkan 45 RUU yang masuk Prolegnas 2024. Ia menyebut RUU yang harus ...