Oleh Alfin Pulungan pada hari Senin, 23 Mar 2020 - 20:43:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Lapangkan Dada! Mudik Gratis Tahun ini Ditiadakan

tscom_news_photo_1584971010.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sepertinya tahun ini masyarakat harus berlapang dada menyambut Ramadhan dan Idul Fitri tanpa sukacita bersama keluarga. Terutama bagi mereka yang ada di tanah rantau. Pasalnya, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Kementerian Perhubungan menghapus program mudik gratis Angkutan Lebaran 2020.

Bukan tanpa alasan, kebijakan ini diputuskan setelah pemerintah mempertimbangkan status darurat wabah corona yang belakangan makin mencekam di Indonesia. Seperti diketahui status darurat ini berlaku selama 91 hari terhitung sejak 29 Februari hingga 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, menuturkan program mudik gratis yang ditiadakan pemerintah tidak hanya dari Kementerian Perhubungan, melainkan juga dari institusi BUMN bahkan swasta.

“Melihat kondisi penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif belakangan ini, saya rasa ini keputusan yang tepat walau berat, mudik gratis akan dibatalkan," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020).

Adapun pembatalan mudik gratis ini berlaku untuk semua moda transportasi yang tiap tahunnya biasa dilakukan program tersebut, yakni bus dan kapal penyeberangan. Kedua sarana transportasi ini kata Budi akan dihapuskan.

“Saat ini kami akan berganti fokus, saling bantu-membantu antara pemerintah pusat maupun daerah untuk mengatasi penularan Covid-19. Karena kita tahu dengan mudik, artinya ada arus orang banyak yang akan melakukan perjalanan. Ini tentu berbahaya dan beresiko tinggi jika tetap dilakukan,” ujar dia.

Atas kebijakan tersebut, Budi mengharapkan peran serta masyarakat untuk tidak bepergian ke luar rumah. Bahkan, dia mengimbau masyarakat untuk tidak menahan mudik pada saat libur lebaran nanti.

"Saya imbau juga untuk masyarakat pada umumnya untuk tidak melakukan perjalanan dulu hingga situasi kondusif. Mudik ini melibatkan banyak massa, berpotensi menjadi titik penyebaran virus, yang mudik bepergian ke daerahnya masing-masing akan berpotensi membuat wilayah persebaran Covid-19 semakin luas," kata Budi menerangkan.

Keputusan ini tentu mengecewakan masyarakat, apalagi bagi mereka yang setiap tahunnya mengandalkan program mudik gratis dari pemerintah. Oleh karenanya Budi meminta maaf atas kebijakan yang diambil pemerintah. Dia berharap masyarakat bisa memaklumi keputusan tersebut demi keselamatan bersama.

"Karena itu saya harap masyarakat bisa mengerti dan mematuhi apa yang sedang dilakukan pemerintah. Saat ini kami juga aktif mendorong masyarakat untuk tidak mudik, meminimalisir mobilisasi agar tidak memperluas kemungkinan penularan Covid-19,” pungkasnya.

tag: #corona  #mudik  #kementerian-perhubungan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Produksi Minyak Nasional Terus Turun, Komisi VII DPR Minta Evaluasi menyeluruh SKK Migas

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin menilai kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto kinerjanya tidak ...
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...