Oleh Aries Kelana pada hari Selasa, 24 Mar 2020 - 11:58:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Perusahaan Farmasi Jepang Kembangkan Vaksin Corona. Perlu Beberapa Bulan Sebelum Bisa Digunakan

tscom_news_photo_1585025882.jpg
(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Upaya untuk mencari vaksin guna mencegah penyebaran virus Corona terus digencarkan. Beberapa pabrik obat terus menggaet sejumlah peneliti dari berbagai lembaga riset.

Nah, perusahaan biofarmasi Anges Inc mengajak peneliti Universitas Tokyo, Jepang, telah mengembangkan vaksin Corona yang berbasis pada dioxyribo nuclei acid (DNA). Setelah itu, mereka akan mulai melakukan uji praklinis pada hewan.

Menurut keterangan Anges yang dikutip reuters.com (24/3/2020), vaksin DNA diproduksi menggunakan virus yang tidak aktif dan dapat diproduksi lebih cepat daripada vaksin berbasis protein.

Pernyataan Anges karuan melambungkan saham Anges di Bursa Tokyo, Jepang. Sahamnya melonjak 17% pada perdagangan saham pagi ini. Persentase itu melebihi angka kenaikan saham sejumlah perusahaan publik di Jepang.

Langkah serupa juga sudah dilakukan sejumlah pabrik farmasi. Roche, Pfizer dan perusahaan Cina juga tengah mengembangkan vaksin. Namun sayangnya, masih memerlukan beberapa tahap sebelum digunakan oleh manusia.

Setelah pengujian di laboratorium, vaksin harus dicoba lagi tingkat efektivitas dan keamanannya pada hewan.

Jika berhasil, vaksin itu dites pada manusia atau uji klinis. Pada tahap uji klinis, pun melewati tiga tahap, dari mulai pada beberapa orang di satu negara, hingga ujicoba pada banyak orang di beberapa negara.

Setelah terbukti secara klinis, vaksin bisa diajukan ke regulator untuk diberi ijin digunakan pada manusia. Jadi perlu waktu lebih dari sebulan untuk bisa dimanfaatkan.

tag: #corona  #jepang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...