Jakarta

Pasca Alihfungsi, Wisma Atlet Kemayoran Terima Ratusan Pasien Covid-19

Oleh Tommy P pada hari Selasa, 24 Mar 2020 - 17:05:32 WIB

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1585044332.jpg

(Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wisma Atlet Kemayoran hingga Selasa (24/3) menerima ratusan pasien pasca dialihfungsikan sebagai rumah sakit penanganan virus Corona.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan setidaknya ada 102 kunjungan pasien yang ingin periksa, 71 diantaranya dilanjutkan ke perawatan di lokasi, sementara 31 lain dipersilahkan isolasi diri mandiri di rumah masing-masing.

"Hari ini sudah ada 102 kunjungan dari pasien Covid-19 dan ada 71 yang langsung kita rawat, dan 31 yang tidak perlu dirawat," kata Yurianto dalam konferensi pers via YouTube BNPB, Selasa (24/3).

Yurianto mengungkapkan rata-rata pasien yang dirujuk ke rumah sakit darurat di Wisma Atlet adalah pasien yang memiliki gejala ringan dan sedang.

Namun demikian, ada pula pasien yang memiliki penyakit comorbid atau penyakit penyerta sehingga dirujuk ke rumah sakit rujukan.

"Ada dua ada faktor comorbid makanya kami rujuk ke RSPAD Gatot Subroto," ucap Yurianto.

Sebab itu, ia meminta pasien dengan gejala ringan tak perlu ke rumah sakit yang justru membebani layanan petugas medis, cukup isolasi mandiri di rumah.

"Yang di rumah sakit adalah yang kami pastikan tidak mungkin isolasi diri di rumah atau kami yakini butuh monitoring intensif. Misalnya dengan gejala sedang atau comorbid yang menyertai," kata Yurianto.

Diketahui, data terbaru per Selasa (24/3) ini, di Indonesia tercatat 686 orang positif, 55 meninggal, dan 30 sembuh dari virus corona COVID-19.

tag: #  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement