Oleh Dheti pada hari Selasa, 24 Mar 2020 - 19:02:48 WIB
Bagikan Berita ini :

UN dibatalkan, DPR Harap Juknis Segera Keluar

tscom_news_photo_1585051368.jpg
Hetifah Sjaifudian wakil Ketua Komisi X DPR (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Presiden Joko Widodo memutuskan untuk meniadakan Ujian Nasional tahun ini. Hal ini guna mencegah persebaran virus Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian menyatakan pihaknya mengapresiasi langkah tersebut.

“Saat ini prioritas kita semua adalah keselamatan masyarakat, terutama anak-anak kita. Jika UN tetap dilaksanakan, potensi penyebarannya besar sekali karena akan banyak orang berkumpul,” ujar Hetifah melalui pesan singkat kepada TeropongSenayan, Selasa (24/3/2020).

Hetifah menambahkan, evaluasi dan penentuan kelulusan siswa dapat dilakukan dengan cara-cara lainnya.

“Ada beberapa opsi, antara lain ujian tertulis secara online, proyek akhir tahun, nilai rapot sebelumnya, dan lain-lain. Hal ini sebaiknya diserahkan kepada masing-masing sekolah untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan keadaan siswanya,” paparnya.

Lebih lanjut, Hetifah menyampaikan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang bertanya terkait hal ini.

“Sudah banyak pertanyaan yang masuk ke saya terkait pembatalan UN ini. Saya harap Kemendikbud segera menerbitkan juknis agar tidak menimbulkan kebingungan lebih lanjut di masyarakat,” tegasnya.

Wakil ketua umum Partai Golkar ini juga menambahkan, sebaiknya Kemendikbud mempertimbangkan masukan masyarakat dalam penyusunan juknis ini.

“Masukan publik sangat diperlukan agar penilaian dapat berlangsung baik dan adil. Masyarakat dan sekolah yang lebih paham prakteknya, input-inputnya harus diakomodir,” pungkasnya. (Allan)


tag: #corona  #dpr  #ujian-nasional-un  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement