Bisnis
Oleh Aries Kelana pada hari Rabu, 25 Mar 2020 - 13:02:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Pandemi COVID-19 Menggerus Perekonomian Dunia

tscom_news_photo_1585116168.jpg
bursa saham (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pandemi COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Bahkan semakin hari semakin banyak orang yang terinfeksi virus mematikan itu. Dampaknya luar bisa sehingga dapat menghancurkan perekonomian dunia.

Ini mendorong Morgan Stanley (MS), analis keuangan dunia membuat riset mengenai dampak ekonomi COVID-19. MS memperkirakan pertumbuhan global akan mendekati level terendah krisis keuangan global.

Menurut salah satu analis MS, Chetan Ahya, dalam rilisnya (24/3/2020), pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS)di 2020 akan beradapada level terendah selama 74 tahun terakhir.

“Mengasumsikanpuncak kasus penyebaran virus corona akan terjadi pada bulan April atau Mei mendatang, MS memperkirakan pertumbuhan akan mulai pulih dari mulai kuartal ketiga 2020dengan catatan kebijakan moneter dan fiskal yangsecaraagresiftelah dijalankan,” kata Ahya.

Kepala ekonom MS AS, Ellen Zentner menimpali bahwa pertumbuhan ekonomi AS bakal turun menjadi -3,0% per tahun. Bahkan pada kuartal kedua tahun ini akan turun lagi menjadi -30,1%. “Ini level terendah dalam74 tahun ini,” kata Zentner.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi dunia akan turun jadi 0,3%, mendekati angka terendah yang pernah dialami pada 2009 sebesar -0,5%.

Bagaimana jika COVID-19 berlangsung lebih lama dari perkiraan hingga April/Mei nanti? MS memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi AS bakal makin menukik menjadi -20%. Nah loh.

tag: #amerika-serikat  #corona  #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Bisnis Lainnya
Bisnis

Pengusaha Bus Kehilangan Pendapatan Puluhan Miliar Rupiah Per Bulan

Oleh Rihad
pada hari Wednesday, 03 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Salah satu pihak yang dirugikan akibat pandemi Corona adalah perusahaan transportasi. Pemilik perusahaan PO Primajasa Group, H Amir Mahfud atau akrab dipanggil H Aming ini ...
Bisnis

Tak Ada Pemberangkatan Haji, 350 Perusahaan Travel Haji dan Umrah Berpotensi Merugi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Keputusan pemerintah untuk tidak memberangkatkan jamaah haji tahun ini akan merugikan perusahaan travel. Sebanyak 350 perusahaan travel haji dan umrah terdampak keputusan ...