Berita

Pemerintah Kosovo Jatuh Akibat Virus Corona

Oleh Rihad pada hari Thursday, 26 Mar 2020 - 20:59:00 WIB

Bagikan Berita ini :

tscom_news_photo_1585230793.jpg

Perdana Menteri Albin Kurti (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah Kosovo akhirnya runtuh setelah pemungutan suara untuk mosi tidak percaya pada Perdana Menteri Albin Kurti.  Mayoritas anggota parlemen menyatakan tidak percaya lagi dengan pemerintah. 

Pemungutan suara dilakukan oleh mitra koalisi junior yang marah dengan pendekatan Kurti untuk menangani wabah virus Corona.

Pemerintah Kurti rontok dua bulan setelah pemerintah dilantik. Tidak jelas bagaimana kebuntuan politik akan diselesaikan karena pemilu tidak dapat diadakan karena pandemi Corona.

Para dokter telah memperingatkan bahwa tanpa arah yang jelas, penyakit ini dapat semakin luas karena Kosovo tidak punya dana cukup. Negara Balkan itu memiliki setidaknya 70 kasus yang dikonfirmasi dan satu kematian dari COVID-19.

Krisis  politik itu telah membuat marah warga yang ingin para pemimpin negara itu fokus pada langkah-langkah memerangi penyebaran virus.

Karena tidak bisa turun di jalan  akibat lockdown, warga di ibukota Pristina memukuli panci dan wajan dari balkon mereka untuk melampiaskan rasa frustasi mereka pada pertengkaran.

Seorang pengunjuk rasa yang berhasil menghindari keamanan di luar parlemen pada hari Rabu mengangkat tulisan: "Pandemi paling berbahaya di Kosovo adalah politik. Malu!"

Suara tidak percaya diprakarsai oleh mitra junior dalam koalisi Kurti, partai LDK (Liga Demokratik) kanan tengah. LDK berselisih dengan Kurti selama beberapa minggu. Kemarahan makin memuncak  ketika perdana menteri memecat menteri LDK Agim Veliu. Veliu mendukung seruan oleh Presiden Hashim Thaci untuk keadaan darurat untuk memerangi virus corona. Sementara Kurti bersikeras bahwa tindakan seperti itu tidak dibenarkan.

Para pengamat mengatakan tidak mungkin partai Kurti akan mencoba membentuk pemerintahan baru. Pemilihan umum Oktober lalu adalah yang keempat sejak Kosovo mengumumkan kemerdekaan dari Serbia pada 2008.

tag: #corona  
Advertisement

Bagikan Berita ini :

Aplikasi TeropongSenayan.com

Advertisement

JakOne Samsat

Advertisement

TSTRENDING