Berita
Oleh Rihad pada hari Thursday, 26 Mar 2020 - 20:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Kosovo Jatuh Akibat Virus Corona

tscom_news_photo_1585230793.jpg
Perdana Menteri Albin Kurti (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemerintah Kosovo akhirnya runtuh setelah pemungutan suara untuk mosi tidak percaya pada Perdana Menteri Albin Kurti. Mayoritas anggota parlemen menyatakan tidak percaya lagi dengan pemerintah.

Pemungutan suara dilakukan oleh mitra koalisi junior yang marah dengan pendekatan Kurti untuk menangani wabah virus Corona.

Pemerintah Kurti rontok dua bulan setelah pemerintah dilantik. Tidak jelas bagaimana kebuntuan politik akan diselesaikan karena pemilu tidak dapat diadakan karena pandemi Corona.

Para dokter telah memperingatkan bahwa tanpa arah yang jelas, penyakit ini dapat semakin luas karena Kosovo tidak punya dana cukup. Negara Balkan itu memiliki setidaknya 70 kasus yang dikonfirmasi dan satu kematian dari COVID-19.

Krisis politik itu telah membuat marah warga yang ingin para pemimpin negara itu fokus pada langkah-langkah memerangi penyebaran virus.

Karena tidak bisa turun di jalan akibat lockdown, warga di ibukota Pristina memukuli panci dan wajan dari balkon mereka untuk melampiaskan rasa frustasi mereka pada pertengkaran.

Seorang pengunjuk rasa yang berhasil menghindari keamanan di luar parlemen pada hari Rabu mengangkat tulisan: "Pandemi paling berbahaya di Kosovo adalah politik. Malu!"

Suara tidak percaya diprakarsai oleh mitra junior dalam koalisi Kurti, partai LDK (Liga Demokratik) kanan tengah. LDK berselisih dengan Kurti selama beberapa minggu. Kemarahan makin memuncak ketika perdana menteri memecat menteri LDK Agim Veliu. Veliu mendukung seruan oleh Presiden Hashim Thaci untuk keadaan darurat untuk memerangi virus corona. Sementara Kurti bersikeras bahwa tindakan seperti itu tidak dibenarkan.

Para pengamat mengatakan tidak mungkin partai Kurti akan mencoba membentuk pemerintahan baru. Pemilihan umum Oktober lalu adalah yang keempat sejak Kosovo mengumumkan kemerdekaan dari Serbia pada 2008.

tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement