Oleh Aries Kelana pada hari Minggu, 29 Mar 2020 - 21:30:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Termakan Hoaks COVID-19, Sejumlah Napi Mengamuk

tscom_news_photo_1585492237.jpg
iliustrasi (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – COVID-19 kini menjadi benda mikro yang menakutkan banyak orang. Tidak hanya warga yang berada di luaran, tetapi juga para pelaku kejahatan yang mendekam di penjara. Akibat ketakutan itu, mereka gampang termakan hoaks.

Itulah yang terjadi di Thailand. Seperti dilaporkan channelnewsasia.com (29/3/2020), Lusinan tahanan merusak furnitur dan menghancurkan jendela di penjara Buriram, Bangkok. Selain itu mereka juga membakar beberapa benda di sana.

Mereka dipicu oleh berita bohong bahwa salah satu napi di sana sudah terpapar COVID-19.

Beruntung kejadian itu tak berlangsung lama. Sebanyak 2.000 tahanan melarikan diri. Namun tujuh di antaranya berhasil ditangkap dan ditahan lagi.

"Ada sekelompok tahanan yang mencoba melarikan diri dan menciptakan kekacauan ... yang termasuk membakar beberapa fasilitas di dalam," kata Narat Sawetana, Direktur Jenderal Departemen Pemasyarakatan, Thailand.

Menteri Kehakiman Somsak Thepsutin membenarkan bahwa sekelompok narapidana yang dijatuhi hukuman seumur hidup telah mulai "membuat marah" tahanan lain dengan desas-desus wabah virus Corona.

"Faktanya adalah bahwa tidak ada tahanan di Buriram yang terinfeksi. Mereka hanya memulai desas-desus ini untuk menemukan beberapa pendukung," kata Thepsutin.

Kejadian tersebut rupanya juga terjadi di beberapa negara. Di Srilanka misalnya, gegara ada larangan kunjungan ke napi untuk mencegah penularan COVID-19, mengundang reaksi para napi. Mereka mengamuk dan menimbulkan korban jiwa.

Lalu di Kolombia, sebanyak 23 napi tewas dan 83 lainnya terluka gara-gara mereka memaksa keluar dari lembaga pemasyarakatan. Mereka melakukan itu karena kawatir tertular virus corona. Padahal belum ada satupun napi yang tertular.

tag: #corona  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Lainnya
Berita

PSI Minta Jokowi Rombak Para Menteri, Pengamat: Partai Pendukung Mulai Tak Puas

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 25 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYA) --Pengamat Ilmu pemerintahan Gde Siriana menilai hal yang wajar adanya permintaan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) agar Presiden Joko Widodo melakukan ...
Berita

WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Meningkat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Jumlah kasus positif Covid-19 Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri meningkat. Hingga Senin (25/5) terdapat 872  WNI terkonfirmasi dan 48 orang di antaranya ...