Oleh Aries Kelana pada hari Senin, 30 Mar 2020 - 20:33:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Tokyo Usulkan Olimpiade Dibuka 23 Juli Tahun Depan

tscom_news_photo_1585575192.jpg
Banner Olimpiade 2020 (Sumber foto : )

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Masa depan Olimpiade Tokyo sudah jelas. Ketua Panitia Pelaksana Olimpiade Tokyo 2021 Yoshiro Mori, mengatakan bahwa Olimpiade ini akan dibuka pada 23 Juli.

“Olimpiade berlangsung sampai 8 Agustus 2021, sedangkan paralimpiade digelar antara 24 Agustus sampai 5 September 2021,” ujarnya kepada wartawan di Tokyo, Jepang (30/3/2020).

Ia berharap Komite Olimpiade Internasional (IOC) segera menindaklanjuti dan menyetujui permintaan pihak Jepang yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Tetapi dampak dari penundaan tersebut, Mori mewanti-wanti akan terjadi pembengkakan biaya secara masif.

Jika dihelat pada tahun ini, dana yang diperlukan sebesar US$12,6miliar atau sekitar Rp201,6 triliun (US$1 = Rp16.000). Biaya tersebut ditanggung rantang oleh IOC, pemerintah Jepang dan pemerintah kota Tokyo.

Sekarang banyak hotel dan lokasi acara dibatalkan yang tentunya mengeluarkan duit tidak sedikit.

Olimpiade Tokyo semula direncanakan akan berlangsung pada 24 Juli 2020 dan akan berlangsung selama 16 hari. Pihak Jepang bahkan sudah membawa api Olimpiade dariAthena, Yunani ke Tokyo dan menyimpannya. IOC dan Jepang pun tetap pada keputusannya.

Namun karena adanya pandemi di sejumlah negara, banyak negara yang meminta penundaan. Bahkan Kanada memaksa keluar dari kepesertaannya. Ini terkait dengan beberapa pemain yang sebagian terpapar dan persiapan yang sempit bila dipaksakan digelar.

Selain persoalan pandemi COVID-19, persiapan Olimpiade itu juga dihadang masalah lain. Misalnya lomba marathon yang semula direncanakan oleh pihak tuan rumah berlangsung di Tokyo. Tetapi ditolak pihak IOC karena Tokyo dianggap panas. Akhirnya Tokyo mengalah.

tag: #corona  #jepang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...