Oleh Rihad pada hari Sabtu, 04 Apr 2020 - 17:41:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Tidak Seperti Anjuran Pejabat Sebelumnya, Anies Perintahkan Semua Warga Pakai Masker saat di Luar Rumah

tscom_news_photo_1585996896.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga menggunakan masker untuk mencegah penularan virus corona (COVID-19). Seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 2020 yang ditandatangani 3 April 2020 itu menekankan beberapa poin sebagai upaya memutus mata rantai penularan.

Pertama, warga diminta selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa kecuali. Kedua, menggunakan masker jenis kain minimal dua lapis yang dapat dicuci. Selanjutnya secara rutin mencuci masker kain yang digunakan dan harus dikerjakan setiap hari. Ketiga, tidak membeli atau menggunakan masker medis karena masker tersebut diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Keempat, masyarakat dapat membeli atau membuat sendiri masker kain dua lapis sesuai kebutuhan masing-masing. Kelima, tetap mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan dengan sabun dan melaksanakan etika batuk dan bersin secara benar.

Pandangan tentang penggunaan masker berbeda dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menekankan untuk orang sakit saja Anjuran ini terkait dengan adanya kekurangan masker bagi para tenaga medis dan orang sakit. Beberapa pejabat termasuk Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga pernah menganjurkan orang sehat tak perlu pakai masker.

Masalahnya, dalam kasus orang yang terpapar Corona, seringkali tidak menunjukkan gejala sama sekali. Bahkan penderitaan tidak tahu kalau di dalam tubuhnya mengandung virus COVID 19. Maka memakai masker untuk semua penduduk saat di luar rumah menjadi sangat penting untuk mencegah penularan.

Perintah memakai masker juga dikeluarkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia meminta masyarakat untuk mengenakan masker baik yang dibeli maupun membuat sendiri. Ia meyakini, dengan memakai masker maka penularan virus bisa dihambat.

tag: #corona  #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Lainnya
Jakarta

Perpanjangan PSBB Hingga 4 Juni Tentukan Transisi DKI Menuju New Normal

Oleh Tommy
pada hari Selasa, 26 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi DKI Jakarta hingga 4 Juni 2020, menjadi fase penentu masa transisi menuju kenormalan baru atau New ...
Jakarta

Kabar Gembira, Mal di Jakarta Segera Dibuka dan Ini Daftarnya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ada kabar gembira untuk warga DKI Jakarta, dimana setelah penerapan PSBB Selesai, pada 4 Juni Mal di Jakarta akan segera dibuka. Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja ...