Oleh Rihad pada hari Sabtu, 11 Apr 2020 - 06:10:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Warga Jabodetabek Dikejutkan Dentuman, PVMG Bilang Bukan dari Letusan Anak Krakatau. Suara Darimana?

tscom_news_photo_1586560213.jpg
Anak Krakatau (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Warga Bogor, Depok, Bekasi dan Jakarta mendengar suara dentuman pada dini hari Sabtu (11/4/2020/. Sebagian memberi kesaksiannya di twitter. "Suara erupsi Anak Krakatau kedengeran sampai Tanah Kusir :( Gue kira ada yang main drum malam-malam dari jauh, " tulis Joko Anwar, sutradara terkenal di twitter.

Waga di Ciledug, juga melaporkan adanya suara dentuman. "Dari Jam 2 lewat sampe mau subuh berkali kali kedengeran suara #dentuman yang katanya Letusan Krakatau, " kata Khadir.

"Di tempatku juga kaca jendela udah sejaman ini goyang-goyang, meski ada jedanya," ungkap Anton yang tinggal di Pasar Minggu, Jaksel.

Banyak warga lain juga mencuit tentang suara aneh dini hari tadi. Tapi Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) melalui Kasubid Pengamatan & Penyelidikan Gn. Anak Krakatau Hendra Gunawan menyatakan kalau pun ada suara itu bukan dari Krakatau. "Suara dentuman yang didengar oleh masyarakat di wilayah Jakarta, Depok, dan Bogor bukan berasal dari aktivitas Gn. Anak Krakatau." Hal ini disampaikan Gunawan kepada radio Elshinta.

"Saya sudah cek ke Pos Penganatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil, " katanya.

Letusan Krakatau

Anak Krakatau sendiri memang meletus, Jumat (10/4/2020) malam. Warga Kalianda, Lampung Selatan, lari ke tempat yang lebih tinggi, setelah mendengar suara letusan Gunung Anak Krakatau.

Berdasarkan data dari Kementerian ESDM di situs magma.vsi.esdm.go.id, letusan Gunung Anak Krakatau terjadi sebanyak dua kali pada Jumat malam. Letusan pertama terjadi pada pukul 21.58 WIB, dengan estimasi kolom abu mencapai ketinggian 357 meter di atas permukaan laut

Sementara, letusan kedua terjadi pada pukul 22.35 WIB, dengan estimasi kolom abu mencapai ketinggian 657 meter di atas permukaan laut.



tag: #gempa-bumi  #bencana-alam  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...