Oleh Alfin Pulungan pada hari Minggu, 12 Apr 2020 - 09:14:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Resmi Dibuka, Ini Syarat Pendaftaran dan Pelatihan Kartu Pra Kerja

tscom_news_photo_1586654575.jpg
Ilustrasi program kartu pra kerja (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemerintah resmi membuka Pendaftaran Program Kartu Pra Kerja. Program Kartu Prakerja merupakan program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap Kartu Prakerja bisa meningkatkan keterampilan, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat wabah korona.

“Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran. Dan, total anggaran yang disediakan pemerintah untuk tahun ini adalah sebesar Rp 20 triliun,” ujar Airlangga dalam pernyataan tertulis, Minggu (12/4/2020).

Airlanga mengatakan, pendaftaran program Kartu Prakerja dapat diakses melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

TEROPONG JUGA:

> Dibuka Hari Ini, Ini Cara Mendapatkan Kartu Prakerja dapat Uang Insentif Rp 3,5 Juta

> Politikus PDIP: Kartu Pra-Kerja Bisa Kurangi Angka Pengangguran, Benarkah?

> Dukung Kartu Prakerja, Telkom Hadirkan Platform Pijar Mahir


Syarat Pendaftaran

Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Pendaftaran program tersebut terdiri atas 3 (tiga) tahap.

Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya.

Data tersebut kemudian diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama sekitar 15 menit.

Ketiga, pendaftar bergabung pada gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

"Setiap minggunya, mulai 11 April 2020 sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164.000 peserta," ujar dia.

Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu.

",Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung pada gelombang selanjutnya," kata Airlangga.

Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS.

Pelatihan Via Platform Digital

Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta bisa memilih pelatihan yang diinginkan pada platform digital mitra resmi program Kartu Prakerja, yaitu Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijarmahir, dan Sisnaker.

Airlangga mengungkapkan, setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp 3.550.000. Dana tersebut diberikan dalam bentuk bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta. Bantuan dari pemerintah itu dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan pada platform digital mitra yang ditentukan.

Sementara itu, insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo, atau GoPay milik peserta.

Insentif itu terdiri atas insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan dengan total nilai Rp. 2,4 juta.

Ada juga isentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp 50.000 per survei untuk 3 kali survei dengan total nilai Rp 150.000. Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama.

"Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama," ujar Airlangga.

Sebagai informasi, sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020. (Allan)

tag: #kartu-pra-kerja  #corona  #airlanggahartarto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...