Oleh Alfin Pulungan pada hari Selasa, 14 Apr 2020 - 12:19:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Jika Haji Tahun ini Ditunda, PPP: Itu Takdir Allah

tscom_news_photo_1586841062.jpg
Ilustrasi jemaah tertunda melaksanakan ibadah haji akibat wabah korona (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota komisi keagamaan (Komisi VIII) DPR RI, Iip Miftahul Choiry, berharap calon jemaah haji tak perlu cemas jika pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 atau 1441 hijriah ditunda akibat musibah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dia mengungkapkan bahwa ibadah haji merupakan perintah dari Allah SWT di dunia. Sehingga bila dibatalkan karena ada musibah, hal itu memang sudah menjadi ketentuan dari Allah.

"Saya yakin para calon Jemaah haji akan menerima apapun keputusan terbaik dari pemerintah Arab Saudi, karena masyarakat yakin ibadah haji ini adalah panggilan Allah SWT, sehingga batal atau tidaknya ibadah haji pada tahun ini adalah takdir Yang Maha Kuasa," kata Iip dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/4/2020).


TEROPONG JUGA:

> Sabar, Musim Haji Tahun Ini Masih Belum Jelas

> Menteri Agama Janji Tingkatkan Layanan Haji dan Umrah Tanpa Menaikan Biaya

> Polemik Dana Haji untuk Atasi Korona, Legislator Golkar: Umat Mengumpulkannya Puluhan Tahun


Iip mengatakan jemaah haji merupakan para tamu Allah, sehingga dia yakin para jemaah juga akan siap jika tahun ini tidak dipanggil untuk bertamu ke Baitullah. Namun, lanjut Iip, sebagai manusia tentu juga dituntut melakukan usaha agar penyelenggaraan haji tahun ini bisa diupayakan untuk berjalan.

Oleh karenanya, dia memintaKementerian Agama untuk terus selalu membangun komunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi agar segera menemukan keputusan yang tegas dan final tentang nasib penyelenggaraan ibadah haji musim ini.

"Masyarakat, khususnya calon jemaah haji saat ini sedang gamang atau kebingungan tentang kepastian ibadah haji tersebut," ujarnya.

Kendati wabah korona melanda dunia dan merenggut ribuan nyawa manusia, Komisi VIII yang mengawasi penyelenggaraan ibadah haji tetapberharap agar ibadah haji bisa tetap dilaksanakan pada waktu yang akan datang beberapa bulan lagi.

Namun sekali lagi, hal itu bisa diwujudkan apabila wabah korona benar-benar berakhir sebelum musim haji tiba. "Maka oleh karena itu, kami mendukung upaya Kemenag untuk tetap mempersiapkan ibadah haji sambil menunggu perkembangan wabah Covid-19 yang melanda banyak negara di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi," kata politikus Partai Persatuan Pembangunan ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan, imbuh Iip, Kemenag harus memastikan bahwa dana haji jemaah tidak dipergunakan untuk hal di luar keperluannya. Sebab beberapa waktu terakhir muncul isu yang menyebut dana haji akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan penanganan Covid-19.

"Sehingga masyarakat dan calon jemaah haji tenang dalam menunggu keberangkatan mereka ke tanah suci," kata legislator dari dapil Banten I ini mengakhiri. (Allan)

tag: #haji  #corona  #komisi-viii  #kementerian-agama  #iip-miftahul-choiry  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...