Berita
Oleh Rihad Wiranto pada hari Tuesday, 14 Apr 2020 - 12:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Meniru Vietnam, Mentan Akan Bikin ATM Beras, Bagaimana Cara Kerjanya?

tscom_news_photo_1586842419.jpg
ATM beras di Vietnam (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Untuk memberi bantuan pangan bagi kaum miskin, pemerintah Vietnam menyediakan ATM beras. Cara ini memberi akses yang mudah bagi kalangan tidak mampu untuk mendapatkan makanan pokok. Nah, ide itu akan diterapkan di Indonesia.


Kementerian Pertanian tengah merancang ATM Beras. Sekali pencet tombol, makan mesin akan mengeluarkan sebanyak 1,5 kilogram. "Gratis untuk kaum miskin dhuafa. Lagi dibuat mesinnya, orang tinggal pencet," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (14/4).


Beras tersebut, menurut dia, juga dapat diperoleh penduduk yang tak memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Namun, ia belum memerinci detail penyaluran dan anggaran dari program tersebut.

Meski demikian, ia menyebut program ini membutuhkan anggaran hingga ratusan miliar. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian akan menunda anggaran belanja lain yang tak diperlukan.

Adapun ia memastikan, persediaan beras dalam negeri dalam kondisi surplus sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Pada puncak panen raya yang akan jatuh pada April, produksi beras nasional diprediksi dapat mencapai setara 5,27 juta ton dari luas lahan panen mencapai 1,73 juta hektare.

Sebelumnya, pemerintah menjamin ketersediaan 11 komoditas utama bahan pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri di tengah pandemi corona. Stok beras akan mencukupi untuk kebutuhan konsumsi hingga Lebaran.

Stok jagung, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, daging ayam, telur ayam, dan minyak goreng juga diperkirakan memadai. “Kita punya stok yang cukup,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, awal bulan ini.

Khusus bawang putih, pemerintah telah memberikan persetujuan impor yang diperkirakan masuk pada bulan ini. Demikian pula untuk ketersediaan daging sapi/kerbau dan gula pasir. Sementara untuk gula pasir, pemerintah telah melakukan operasi pasar dengan mengalihkan stok di sejumlah daerah.

Penyediaan gula dari ex-Dumai sebanyak 20 ribu ton, ex-Lampung sebanyak 33 ribu ton, dan ex-industri rafinasi untuk makanan dan minuman sebanyak 250 ribu ton. Dari sektor gula untuk makanan dan minuman tersebut, gula pasir telah didistribusikan ke Banten, Jabodetabek, Sumatera Utara, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Kalimantan Timur, Bengkulu, Jambi, Lampung, dan Jawa Timur pada 31 Maret lalu.


ATM Vietnam

Di Vietnam, orang miskin bisa mengambil ATM beras. Ini bukan program pemerintah tapi ide dari seorang pengusaha dermawan. Di Hanoi, beras yang terkandung dalam tangki air besar dituangkan ke dalam kantong plastik yang dibawa penduduk dari pukul delapan pagi hingga lima sore. Dan ini dilakukan setiap hari. Mereka yang mengantri diharuskan berdiri terpisah satu sama lain. Selain itu harus menggunakan pembersih tangan sebelum menerima beras, menurut surat kabar lokal Hanoi Times.

Hoang Tuan Anh, asal Ho Chi Minh, pengusaha di balik gagasan itu, menyatakan TM beras telah didirikan di kota-kota besar lainnya seperti Hanoi, Hue dan Danang.

"Saya menyebut mesin ini sebagai "ATM beras" karena orang dapat menarik beras dari sana, meyakinkan bahwa masih ada orang baik di luar sana yang ingin memberi mereka kesempatan kedua," katanya.

Sementara banyak orang di negara yang dikuasai Komunis dapat mengandalkan jaring pengaman sosial, dan pemerintah telah memperkenalkan paket stimulus yang dirancang untuk membantu masyarakat yang paling rentan, beberapa orang yang hidup di pinggiran.

"Saya membaca tentang ATM beras ini di internet. Saya datang untuk memeriksanya, dan tidak bisa percaya itu keluar dengan nyata. Saya sangat berharap para sponsor akan terus melakukan ini sampai akhir pandemi," kata Ly, salah satu warga.

tag: #corona  #orang-miskin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...