Oleh Tommy pada hari Sabtu, 25 Apr 2020 - 11:40:42 WIB
Bagikan Berita ini :

BPPT Ingatkan Ibukota Baru Rawan Tsunami

tscom_news_photo_1587789642.jpg
Presiden Joko Widodo meninjau Ibukota Baru (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Peneliti senior Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang merupakan ahli tsunami Widjo Kongko mengatakan berdasarkan hasil penelitian, ibu kota baru di Kalimantan Timur rentan dilanda semong(tsunami) dari sumber longsor bawah laut. Dengan volume sekitar 4 juta meter kubik (m3) bisa menimbulkan semong setinggi lebih dari 15 meter seperti di Papua Nugini pada 1998.

"Kami pernah sampaikan masalah ini tahun lalu. Kajian detail perlu untuk siapkan PRB-nya," kata Widjo dalam cuitannya mengenai perlunya upaya pengurangan risiko bencana (PRB) bagi ibu kota baru berkaitan dengan hasil kajian tersebut, Kamis (23/4).

Semong berasal dari katasmongyang merupakan istilah tradisional masyarakat di Pulau Simeulue, Aceh, untuk menyebut sebuah gelombang laut besar yang melanda setelah terjadi gempa bumi. Tsunami di Palu dan Krakatau menjadi contohsmongyang terjadi beberapa tahun lalu akibat longsor bawah laut.

"Smongdari sumber longsor di Indonesia kejadiannya lebih banyak dari yang diperkirakan semula," kata dia.

Cuitan awal Widjo terkait potensi semong di ibu kota baru merupakan respons berita yang dilansir BBC News berjudulTsunami risk identified near future Indonesian capitalpada Rabu (22/4). Tim peneliti Inggris dan Indonesia menggunakan data seismik untuk menginvestigasi sendimen dan struktur bawah Laut Makassar. Mereka memetakan bukti longsoran-longsoran bawah laut purba di Selat Makassar antara Pulau Kalimatan dan Sulawesi.

Dari kajian awal, jika ada longsoran bawah laut besar terulang saat ini akan memicu tsunami yang mampu menggenangi Teluk Balikpapan, sebuah area dekat dengan ibu kota baru.

tag: #jokowi  #tsunami  #ibu-kota  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Berita

Pemeriksaan Swab Habib Rizieq Timbulkan Pergolakan Baru

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 28 Nov 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Pemeriksaan Swab terhadap Habib Rizieq menimbulkan pergulatan baru. Habib Rizieq kabarnya sudah menjalani tes. Tapi hasil tes Swab yang dilakukan petugas MER-C, dirahasiakan ...
Berita

Terima Pengurus Gercin, LaNyalla Ingin Fokus Bahas Kesejahteraan Papua

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti ingin fokus membahas isu kesejahteraan di Papua. Bukan isu keamanan dan ketertiban. Demikian disampaikan LaNyalla saat menerima ...