Berita
Oleh Rihad pada hari Saturday, 02 Mei 2020 - 07:59:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Cara Gampang Dapat Token Gratis PLN

tscom_news_photo_1588380022.jpg
Ilistrasi listrik (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pada bulan Mei ini, PLN kembali mendistribusikan listrik gratis bagi pelanggan yang memakai daya 450V, serta potongan harga bagi pelanggan dengan daya 900V subsidi.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan mekanisme teknis penggratisan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis skala Kecil (B1) dan Industri skala Kecil (I1), yang memiliki sambungan daya 450 VA.

"PLN langsung menyiapkan langkah-langkah teknis pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan Bisnis Kecil dan Industri Kecil, sebagaimana kami telah menyelesaikan pembebasan tagihan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga pada bulan April yang lalu," kata Direktur Utama PLN, Zulkifli, Jumat (1/5).

Adapun prosedur untuk mendapatkan subsidi listrik gratis bagi tiap kategori itu berbeda. Bagi pelanggan 450VA dan 900V bersubsidi pascabayar, subsidi tarif listrik akan aktif secara otomatis selama periode kebijakan.

Sementara itu, pelanggan 450VA prabayar bisa mendapatkan token gratis dengan dua cara: mengirim nomor pelanggan ke WhatsApp (0812-2123-123) ataupun lewat situs www.pln.co.id.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Lewat Situs www.pln.co.id.

1. Buka situs www.pln.co.id

2. Masuk ke menu pelanggan dan menuju ke pilihan stimulus Covid-19

3. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar.

4. Pelanggan tinggal memasukkan token tersebut ke meteran sesuai dengan ID pelanggan.

Perlu diingat, hanya pelanggan listrik berkapasitas 450 VA dan 900 VA bersubsidi-lah yang mendapat keringanan tersebut. Pelanggan listrik 900 VA yang tidak bersubsidi tidak akan mendapat token gratis atau diskon 50 persen.

Cara mengecek apakah Anda termasuk pengguna listrik 450 VA dan 900 VA bersubsidi sangat mudah.

Bagi pelanggan listrik 900 VA yang memiliki kode "M" pada nomor struk tagihan artinya bukan golongan subsidi. Huruf M pada kode R1M artinya mampu.

Berikut cara membedakan pelanggan subsidi dan non-subsidi dikutip dari akun Instagram PLN:

1. R1/900VA Subsidi

- Cek struk pembayaran sebelumnya

- Lihat pada kolom Tarif/Daya

- Jika tertera R1, maka Anda berhak mendapat keringanan

2. R1M/900VA Non Subsidi

- Cek struk pembayaran sebelumnya

- Lihat pada kolom Tarif/Daya

- Jika tertera R1M, maka Anda tidak berhak mendapat keringanan

Diketahui, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyiapkan sejumlah mekanisme pemberian listrik gratis dan diskon 50 persen.

Stimulus ini diberikan baik untuk pengguna listrik 450 VA dan 900 VA pascabayar maupun prabayar selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020.

Bagi pelanggan listrik berdaya 450 VA akan dibebaskan dari tagihan atau mendapat token listrik gratis selama tiga bulan.

Sementara pengguna listrik 900 VA, tagihan listriknya akan didiskon 50 persen atau mendapat token listrik diskon 50 gratis.

tag: #listrik  #stimulus  #diskon  #subsidi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...